• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Membedah Strategi Baru TMII Dorong Pariwisata yang Berdampak Sosial

  • Berita
  • 5 Agustus 2025, 13.13
  • Oleh : shofihawa
Intan Ayu Kartika

Sektor pariwisata memegang peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta pelestarian budaya, perlindungan lingkungan, dan penguatan inklusivitas sosial. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Intan Ayu Kartika, dalam The 13th Gadjah Mada International Conference on Economics and Business (GAMAICEB) 2025 yang diselenggarakan pada Rabu (23/7), dengan tema “Boosting Social Impact, In Practices.”

Dalam forum tersebut, Intan memaparkan transformasi besar TMII melalui program revitalisasi bertajuk #SudahBedaCerita. Program tersebut mengusung visi menjadi destinasi rekreasi paling dicintai dan menyenangkan, sekaligus menjadi ruang promosi dan pelestarian budaya serta keramahan khas Indonesia.

“Komitmen kami mengedepankan empat pilar, yaitu inclusive, green, culture, dan smart,” ujar Intan.

Intan menyampaikan bahwa TMII dapat hadir sebagai ruang publik yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat.  Mengaktifkan 70% ruang terbuka hijau, TMII menjadi destinasi wisata yang mewakili keragaman budaya Nusantara dan mengadopsi pendekatan digital melalui implementasi platform pintar untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. 

Sebagai bagian dari kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), TMII memperkuat perannya dengan menjadikan pariwisata sebagai sarana pelestarian budaya, konservasi lingkungan, dan penguatan nilai-nilai sosial. Inisiatif tersebut diperkuat melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Runhub, pelaku ekonomi kreatif, serta promosi film Jumbo. TMII juga bekerja sama dengan InJourney Hospitality House dalam menyelenggarakan pelatihan perhotelan dan pelayanan berbasis komunitas, guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sekitar kawasan wisata.

Intan menjelaskan TMII juga mengembangkan pendekatan evaluasi berbasis dampak melalui Social Return on Investment (SROI) dan Triple Bottom Line (TBL) sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Evaluasi ini mencakup jumlah masyarakat yang terdampak, pertumbuhan komunitas, hingga peningkatan citra dan reputasi lembaga.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 4 SDG 8 SDG 10 SDG 11 SDG 12 SDG 13 SDG 17

Views: 459
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota Dan Pemukiman Yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi Dan Produksi Yang Bertanggung Jawab SDG 13: Penanganan Perubahan Iklim SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDGs

Related Posts

Sahid Susilo Nugroho

Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran modern. Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc., dosen FEB UGM sekaligus pakar pemasaran digital menyebutkan bahwa AI berperan dalam proses kreatif dan mempercepat proses produksi konten promosi tanpa mengurangi relevansi emosional dan estetika visualnya.

Sahid memaparkan saat ini terdapat beragam tools berbasis AI digunakan dalam industri kreatif.

Yanthi R I Hutagaol Martowidjojo

Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia

Berita Selasa, 26 Agustus 2025

Di era Industri 5.0 ini, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sudah sangat masif.

Tim Gamagreenvest

Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025

Berita Senin, 25 Agustus 2025

Tim Gamagreenvest dari Departemen Riset dan Pengembangan (Risbang) Shariah Economics Forum (SEF) FEB UGM berhasil meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara 2 di Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) DIY 2025 dan Juara Harapan 1 di Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) XXIV 2025 yang diselenggarakan pada bulan Juni–Juli 2025.

Sigit Bayu Cahyanto

Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 

Berita Jumat, 22 Agustus 2025

Di era BANI (brittle, anxious, non-linear, incomprehensible), dunia dipenuhi oleh ketidakpastian dan perubahan disruptif yang kerap menimbulkan kecemasan.

Berita Terkini

  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
  • Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 
    22 Agustus, 2025
  • Mengenal Organisasi dan Komunitas Mahasiswa FEB UGM Lewat Student Week 2025
    22 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Strategi Optimalkan Konten Pemasaran dengan AI
    26 Agustus, 2025
  • Peran AI Sebagai Akselerator Produktivitas dan Ekonomi Indonesia
    26 Agustus, 2025
  • Tim Gamagreenvest SEF FEB UGM Borong Prestasi Membanggakan di TEMILREG DIY dan TEMILNAS 2025
    25 Agustus, 2025
  • Tips Jitu Hadapi Persaingan Kerja di Era Disrupsi Teknologi 
    22 Agustus, 2025
  • Mengenal Organisasi dan Komunitas Mahasiswa FEB UGM Lewat Student Week 2025
    22 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju