• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Prestasi

Tim FEB UGM Juara 2 di Kompetisi Bisnis ASCEND 2025

  • Prestasi
  • 13 Agustus 2025, 07.52
  • Oleh : shofihawa
Tim Moon

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang tergabung dalam tim Moon berhasil meraih juara dua dalam kompetisi Airlangga Strategic Case Engagement for Next-Gen Development (ASCEND) 2025, yang diselenggarakan oleh Do Well Do Good (DWDG) Universitas Airlangga. Mereka adalah Gildas Sebastian Satriatama Sitompul (Akuntansi 2023), Wilma Juliana Margaretha Aguw (Management-IUP 2024), dan Theova Jevzeva Ischak (Akuntansi 2023).

Kompetisi yang berlangsung secara daring dari 15 Juni hingga 19 Juli 2025 ini diikuti oleh sekitar 50 tim dari berbagai universitas, baik dalam maupun luar negeri.  Kompetisi ini terdiri dari dua tahap yakni preliminary round dan final round, masing-masing menghadirkan tantangan kasus dengan kompleksitas tinggi. Pada tahap preliminary, para peserta diminta untuk menyelesaikan kasus bertema sales sustainability. Tim Moon harus menganalisis strategi bisnis dari sebuah perusahaan yang sangat bergantung pada tren yang diciptakan oleh komunitas konten kreator.

“Business modelnya sangat unik, dan cukup di luar kebiasaan kami. Sales mereka sangat ditentukan oleh tren, dan hanya dua dari sepuluh lini produk yang mencatatkan penjualan di atas 500 unit. Sisanya hanya laku puluhan atau belasan saja,” ungkap Theo.

Selain itu, mereka juga mencatat adanya inkonsistensi dalam strategi pemasaran media sosial perusahaan tersebut, dimana pesan yang disampaikan terlalu umum sehingga kalah saing dengan kompetitor. Berbekal analisis mendalam dan strategi yang terstruktur, Tim Moon berhasil melewati babak preliminary dan melaju ke tahap final.

Pada tahap final, tantangan beralih pada industri perbankan digital. Peserta diminta mencari solusi agar bank yang memiliki basis pengguna yang sangat beragam ini dapat menghadirkan aplikasi mobile banking yang inklusif. Tim Moon harus menjawab kebutuhan dua segmen yang sangat berbeda yaitu generasi muda yang menyukai visualisasi kreatif dan generasi tua yang mengutamakan kemudahan.

“Ini jadi tantangan besar bagi kami bagaimana menciptakan pengalaman digital yang inklusif, tapi tetap menarik dan user friendly bagi semua kalangan,” ujar Theo sembari menjelaskan ia dan tim melakukan pendekatan berbasis user centric design dan segmentasi pengguna.

Theo mengungkapkan tantangan terberat mengikuti kompetisi ini terjadi pada tahap awal, karena mereka belum familiar dengan model bisnis yang dianalisis. Namun, ia dan tim mendapat banyak pembelajaran, tidak hanya tentang strategi, tetapi juga mengenai kerja tim, komunikasi, dan cara berpikir sistematis. 

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 5 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 610
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Devita Ananda Pohan

Mahasiswi FEB UGM Torehkan Prestasi Internasional lewat White Paper Competition 2025

Prestasi Jumat, 26 September 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang internasional. Pada White Paper Competition Industrial Spectrum 2025, Devita Ananda Pohan (Akuntansi, 2023) yang tergabung dalam tim FiNiX berhasil meraih juara 1 sekaligus penghargaan Best Team Presentation. 

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UGM ini diikuti oleh 66 tim dari berbagai universitas di Indonesia.

Hadijah Putri Jasmine

Mahasiswa FEB Juara 1 BCA Business Case Competition 2025

Prestasi Jumat, 26 September 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada berhasil meraih juara pertama di ajang BCA Business Case Competition (BBCC) 2025 yang berlangsung pada 27–30 Agustus 2025 di Menara BCA, Jakarta. 

Rr.

Grace Zefanya

Kisah Perjalanan Grace Raih Predikat Wisudawan Terbaik FEB UGM

Wisuda Kamis, 25 September 2025

Bagi Grace Zefanya Octovella Situmorang (21), kampus bukan sekadar tempat menimba ilmu, melainkan ruang untuk bertumbuh, mencoba, dan berjejaring. Dari kelas hingga organisasi internasional, ia memaksimalkan setiap peluang yang datang.

CISDI

Membedah Dampak Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan

Berita Rabu, 24 September 2025

Minuman manis sudah lama menjadi favorit banyak orang Indonesia. Rasanya yang manis dan harganya yang relatif murah membuatnya semakin mudah dijangkau masyarakat.

Berita Terkini

  • Mahasiswi FEB UGM Torehkan Prestasi Internasional lewat White Paper Competition 2025
    26 September, 2025
  • Mahasiswa FEB Juara 1 BCA Business Case Competition 2025
    26 September, 2025
  • Kisah Perjalanan Grace Raih Predikat Wisudawan Terbaik FEB UGM
    25 September, 2025
  • Membedah Dampak Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan
    24 September, 2025
  • Peneliti UGM Teliti Efektivitas Nyamuk Wolbachia untuk Menekan Kasus DBD di Indonesia
    24 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju