• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Berkaca dari Platform TipTip, Kembangkan Peluang Bisnis Digital di Masa Depan

  • Berita
  • 18 September 2023, 13.43
  • Oleh : Admin
Platform TipTip

Jumat (15/09), Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bersama TipTip, menggelar Talk Show dengan topik “Trend Business Digital”. Kegiatan ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth). Acara ini diselenggarakan di Auditorium Pertamina Tower lantai 6 FEB UGM. Dalam kesempatan ini, narasumber yang hadir adalah Nuruddin Al Fithroh, Chief Sales Officer Tip Tip, yang membahas perihal peluang bisnis digital di masa depan. Beliau membuka presentasi dengan memberikan perkenalan profil perusahaan TipTip.

TipTip merupakan platform yang menghubungkan ekosistem kreator dan komunitas untuk engage dan memonetisasi melalui berbagai kanal. Aplikasi ini hadir untuk membantu kreator dan komunitas yang sedang berkembang untuk menghasilkan pemasukan dari peluang yang ada. Terdapat empat aktivitas yang ditawarkan oleh TipTip, yakni Kreator dan Komunitas, Promoter, Brand, dan Supporter. Melalui menu Kreator dan Komunitas, TipTip membantu kreator untuk memulai monetisasi serta mengatur membership dan audiens. Melalui Promoter, TipTip membantu dalam penjualan & mendapatkan komisi serta memantau performa penjualan & menarik dari hasil pendapatan. Melalui Brand, TipTip mengupayakan pemasukan tambahan untuk kreator dan komunitas serta exposure untuk brand. Sementara itu, melalui Supporter, TipTip membantu dalam pembelian konten dan subscribe ke kreator favorit serta berinteraksi langsung dengan kreator melalui event atau sesi live.

Terdapat tiga hal yang menjadi perbedaan utama sekaligus keunikan TipTip. Pertama, platform ini memberi solusi bagi kreator baru dan komunitas untuk melakukan monetisasi melalui berbagai kanal. TipTip juga mendukung engagement antara komunitas dan keanggotaan serta mengupayakan pendapatan rutin melalui langganan berbayar. Kedua, TipTip meningkatkan pendapatan kreator baru dan komunitas melalui jaringan promotor. Hal ini dilakukan dengan membuka peluang monetisasi bagi para kreator, sekalipun yang belum memiliki banyak pengikut (follower). TipTip juga mengupayakan peningkatan jumlah pembeli melalui promotor dan acara-acara komunitas. Ketiga, TipTip menjaga hubungan yang lebih erat dengan anggota komunitas melalui berbagai acara. Untuk mengimplementasikan hal tersebut, TipTip membangun komunitas-komunitas mikro di Indonesia serta mengadakan pertemuan hybrid (daring dan luring) untuk engagement dengan penggemar.

Selanjutnya, Nuruddin menjelaskan perihal transformasi digital PT XL Axiata. Pada 2022, XL berhasil menambah jumlah pelanggan sebanyak 2,3 juta dari tahun sebelumnya sehingga total pelanggan pada 2022 tercatat sebanyak 57,2 juta. Beberapa faktor turut melatarbelakangi kesuksesan ini, antara lain pengembangan produk dan layanan digital, peningkatan kapabilitas digital karyawan, serta ekspansi jaringan. Di tahun 2022, pendapatan XL tercatat sebesar Rp57,3 triliun. Angka ini meningkat sebesar 10,2% dari tahun sebelumnya. Adanya peningkatan ini disebabkan oleh pertumbuhan pendapatan dari layanan data dan layanan digital. Nuruddin juga menjelaskan tentang berbagai peluang bisnis digital yang bisa dikembangkan, seperti content creation, e-commerce, digital marketing, gaming, programming, blogging, social media, search engine optimization (SEO), translating language, dan dropshipping.

Reportase: Adella Wahyu Pradita 

SDG 8

Views: 639
Tags: SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi

Related Posts

Wisnu Setiadi Nugroho

Ekonom FEB UGM: Anak Muda Sulit Cari Kerja, Kebijakan Pemerintah Masih Jangka Pendek

Berita Rabu, 22 Oktober 2025

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan dinilai masih bersifat tambal sulam dan berorientasi jangka pendek. Ekonom sekaligus Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB UGM, Wisnu Setiadi Nugroho, S.E., M.Sc., M.A., Ph.D., menyoroti semakin sulitnya anak muda, termasuk lulusan universitas ternama, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka.

“Banyak kebijakan pemerintah saat ini cenderung tambal sulam dan short term.

Wisuda Pascasarjana FEB UGM Periode ! TA 2025:2026

FEB UGM Lepas 312 Wisudawan Pascasarjana

Wisuda Selasa, 21 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melepas 312 wisudawan program magister dan doktor pada Wisuda Pascasarjana Periode I Tahun Akademik 2025/2026 pada Selasa (21/10/2025).

Seminar Nasional GloBE Rules - PwC Indonesia

Membedah Penerapan Pajak Minimum Global 15 Persen

Berita Jumat, 17 Oktober 2025

Transformasi digital menghadirkan tantangan baru dalam sistem perpajakan global. Banyak negara kehilangan hak pemajakan karena perusahaan lintas negara dapat beroperasi tanpa kehadiran fisik.

Makan Bergizi Gratis

Memenuhi Ambisi, Kurang Presisi: Mengkaji Ulang Program Makanan Gratis Indonesia

Suara Akademisi Kamis, 16 Oktober 2025

Oleh Elan Satriawan & Wisnu Setiadi Nugroho
Departemen Ilmu Ekonomi

Program Makan Bergizi Gratis (MBG) merupakan salah satu kebijakan unggulan Presiden Prabowo Subianto dalam visi Asta Cita untuk Indonesia Emas 2045.

Berita Terkini

  • Ekonom FEB UGM: Anak Muda Sulit Cari Kerja, Kebijakan Pemerintah Masih Jangka Pendek
    22 Oktober, 2025
  • FEB UGM Lepas 312 Wisudawan Pascasarjana
    21 Oktober, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Gagas Mekanisme Audit Sosial Untuk Cegah Korupsi di Sektor PBJ
    21 Oktober, 2025
  • Membedah Penerapan Pajak Minimum Global 15 Persen
    17 Oktober, 2025
  • FEB UGM Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran
    17 Oktober, 2025

Agenda

  • 24Okt The 9th Mubyarto Public Policy Forum (MPPF 2025)
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju