• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

FEB UGM Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Arsip

  • Berita
  • 24 Februari 2025, 08.53
  • Oleh : shofihawa
Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada Holds Archival Management Training for Professional Staff

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan Pelatihan Kearsipan bagi staf profesional yang berlangsung selama dua hari pada 5-6 Februari 2025 di Gedung Pertamina Tower lantai 5. Pelatihan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman staf tentang pengelolaan arsip.

Kepala Kantor Administrasi FEB UGM, Nur Bakti Susilo, S.E., Ak., CA., ASEAN CPA., menegaskan pentingnya pelatihan ini untuk agar pengelolaan arsip lebih efektif dan efisien.

“Hal ini merupakan aspek yang sangat penting. Di FEB UGM mayoritas sudah menggunakan arsip elektronik, tetapi kita juga perlu mempelajari bersama pengelolaan arsip tekstual atau kertas dari proses masuk, distribusi, dan penghapusan,” ujarnya.

Pelatihan ini mendatangkan para narasumber yang berlatar belakang Arsiparis, meliputi Fitria Agustina, S.IP., M.Sc., Kurniatun, S.IP., Ully Isnaeni Effendi, S.E.,M.Sc., Heri Santosa, S.ST.Ars., dan Dr. Herman Setyawan, S.Pd.,M.Sc. yang terbagi dalam hari yang berbeda. Terdapat tiga topik utama yang dipaparkan oleh narasumber, yaitu Pengelolaan Arsip Aktif, Penataan Arsip Inaktif Tidak Teratur, dan Penyusutan Arsip.

Salah satu narasumber, Fitria mengungkapkan bahwa kegiatan pengarsipan bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola arsip saja. Pengarsipan juga berlaku untuk semua staf dari semua unit dan program studi yang berinteraksi dengan dokumen.

“Arsip yang diolah sehari-hari lebih dipahami oleh masing-masing pengguna, termasuk fungsi, nilai guna, serta kebutuhan penyimpanannya dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dan kesadaran bersama untuk memastikan pengelolaan arsip yang lebih efisien, terstruktur, dan sesuai dengan kebutuhan institusi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa mengelola arsip bukan sekadar menyusun dokumen saja. Lebih dari itu, pengelolaan arsip telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dan tata naskah dinas yang berlaku di lingkungan UGM.

“Pengelolaan arsip tidak boleh asal-asalan. Penting juga untuk memastikan setiap arsip tercatat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya.

Sementara Heri menambahkan bahwa bukti sebuah arsip terkelola dengan baik adalah adanya daftar arsip yang terdokumentasi dengan jelas.

“Tanpa pencatatan yang sistematis dan hanya sekadar menata dokumen, ini belum cukup untuk dikategorikan sebagai pengelolaan arsip yang efektif. Oleh karena itu, penerapan klasifikasi arsip di setiap bagian menjadi langkah penting untuk mendukung administrasi yang lebih tertata dan akuntabel,” jelas Heri.

Dalam hal pemusnahan arsip baik fisik maupun elektronik, Herman menambahkan perlu mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh universitas. Misalnya untuk arsip yang sudah melebihi jangka waktunya harus dimusnahkan sesuai pedoman agar tidak menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan.

“Menyisakan arsip yang sudah tidak relevan justru menghambat sistem pengelolaan dan pencarian dokumen menjadi lebih sulit,” ujarnya.

Selain diberikan pemaparan teori, pada sesi akhir staf profesional juga mendapatkan pelatihan praktik dari Isti Maryatun, S.ST.Ars., Anna Riasmiati, SE., Zuli Ermasanti, S.S.T.Ars., dan Nabiilah Khusnul Afifah, A.Md. Praktik ini meliputi pengelolaan arsip, pencatatan daftar arsip, pemberkasan, dan penyimpanan arsip cetak. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan staf dalam mengoptimalkan pengelolaan arsip sesuai standar yang berlaku untuk menciptakan sistem yang lebih tertata dan efisien.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals:

SDG 4 SDG 8 SDG 9

Views: 738
Tags: SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Softskill - Interview Skill FEB UGM 2025

Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa

Berita Jumat, 14 November 2025

Kemampuan berkomunikasi efektif, memahami diri, dan menyampaikan nilai secara meyakinkan menjadi kunci sukses dalam proses wawancara kerja. Kesadaran inilah yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan Mandatory Soft Skills: Interview Skills, yang digelar Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM bersama Lutfi Anggriawan, MR 5, CFP, CHRM, Branch Office Head (Assistant Vice President) BRI Cabang Yogyakarta Cik Ditiro yang juga alumni Manajemen FEB UGM.

Lutfi, menyampaikan interview skills merupakan kemampuan kandidat untuk mempresentasikan diri dan kompetensinya secara efektif dalam proses wawancara, termasuk dalam komunikasi verbal, non-verbal, serta kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat dan terarah.

Tim Basket Putra FEB UGM

Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025

Prestasi Jumat, 14 November 2025

Tim Basket Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2025.

Pengukuhan Guru Besar Gugup Kismono

Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy

Berita Kamis, 13 November 2025

Dunia kerja masa kini tengah menghadapi tantangan besar akibat perubahan orientasi hidup generasi muda dan meningkatnya tekanan digital. Perubahan besar dalam dunia kerja ini menuntut cara pandang baru terhadap keseimbangan hidup.

Entrepreneurs Table

Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025

Berita Rabu, 12 November 2025

Kelompok LAZE, RB Nusantara, dan Bantoo dinobatkan sebagai tiga pemenang Program Pra-Inkubasi Young Entrepreneur Show! (YES!) 2025 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Berita Terkini

  • Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa
    14 November, 2025
  • Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025
    14 November, 2025
  • Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy
    13 November, 2025
  • Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025
    12 November, 2025
  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025

Agenda

  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju