• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Strategi Membangun Personal Branding yang Kuat Bagi Mahasiswa

  • Berita
  • 12 Juni 2025, 10.08
  • Oleh : shofihawa
Maya Septriana memandu sesi pengembangan soft skill tentang personal branding untuk mahasiswa FEB UGM angkatan 2023

Dengan semakin meningkatnya persaingan di dunia kerja, perusahaan kini tidak lagi hanya menilai pelamar dari nilai akademik atau daftar riwayat hidup (CV) semata. Banyak perusahaan mulai melihat bagaimana personal branding seseorang, baik melalui jejak digital di internet maupun reputasi di lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa, memiliki personal branding yang kuat merupakan nilai tambah yang signifikan.

Career Consultant, Maya Septriana menyebutkan personal branding bukan sekadar alat untuk membuat seseorang terlihat menonjol, tetapi juga untuk membangun kepercayaan, kredibilitas, dan membuka jalan menuju peluang karir yang lebih luas. Namun, sebelum membangun personal branding, penting bagi seseorang untuk terlebih dahulu memahami dirinya sendiri.

Dalam sesi “Mandatory Soft Skill STAR Lead: Personal Branding” khusus bagi mahasiswa FEB UGM angkatan 2023 yang diselenggarakan oleh Career and Student Development Unit (CSDU) pada Jumat (23/05/2025) di FEB UGM, Maya menyarankan penggunaan metode Ikigai sebagai langkah awal dalam membangun personal branding. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menggali jawaban terkait apa yang disukai dan membuat bahagia, apa yang menjadi keahlian, permasalahan apa yang ingin diselesaikan, serta kemampuan apa yang dapat menjadi sumber penghasilan.

Maya mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membangun personal branding di media sosial seperti LinkedIn seperti penggunaan foto profesional hingga penulisan deskripsi diri yang mencerminkan nilai dan keunikan pribadi. Adapun, pengalaman di organisasi atau aktivitas lainnya juga bisa digunakan sebagai nilai atau keunikan pribadi. Tidak kalah penting, cantumkan portofolio untuk menambah kesan kredibel. Selain itu, penting bagi mahasiswa untuk membangun koneksi yang luas, salah satunya yaitu dengan terkoneksi melalui LinkedIn.

Lebih lanjut, Maya menjelaskan elemen penting lainnya dalam membangun personal branding. beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain kemampuan atau keahlian yang dimiliki, nilai-nilai pribadi, kepribadian, serta visi dan misi hidup atau kontribusi yang ingin diberikan kepada dunia dan cara untuk mencapainya.

Terakhir, Maya menekankan bahwa personal branding adalah suatu proses yang berkelanjutan yang harus dibangun secara konsisten dari waktu ke waktu. Branding menjadi penting karena dapat membentuk ikatan emosional dan kredibilitas dengan orang lain.

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 4 SDG 5 SDG 8 SDG 10 SDG 17

Views: 860
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDGs

Related Posts

Fajar Munichputranto

Kisah Fajar Munichputranto, Mahasiswa Double Degree MBA FEB UGM Penerima Beasiswa LPDP

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Tidak semua orang berani meninggalkan zona nyaman demi mengejar panggilan baru. Fajar Munichputranto, mahasiswa Program Magister Manajemen FEB UGM sekaligus penerima Beasiswa LPDP, memilih langkah itu.

Mubyarto Public Policy Forum 2025

FEB UGM dan ANU Gelar Forum Kebijakan Publik Mubyarto, Soroti Reformasi Kesejahteraan di Indonesia

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerja sama dengan Australian National University (ANU) kembali menyelenggarakan Mubyarto Public Policy Forum 2025 yang berlangsung  pada Jumat (24/10/2025) di Function Hall, lantai 8 Gedung Learning Center FEB UGM.

FEB UGM

FEB UGM Melakukan Program Menabung Air Untuk Dukung Keberlanjutan

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) terus menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan melalui berbagai inisiatif ramah lingkungan. Salah satu langkah nyata yang saat ini tengah dilakukan adalah pembangunan 17 sumur resapan di area kampus, terdiri atas 10 sumur resapan di Plaza FEB untuk menampung air hujan yang jatuh di halaman dan 7 sumur resapan yang terhubung dengan talang air gedung-gedung FEB yang menampung pembuangan air hujan dan air dari pendingin ruangan.

Wisnu Setiadi Nugroho

Ekonom FEB UGM: Anak Muda Sulit Cari Kerja, Kebijakan Pemerintah Masih Jangka Pendek

Berita Rabu, 22 Oktober 2025

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan dinilai masih bersifat tambal sulam dan berorientasi jangka pendek. Ekonom sekaligus Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB UGM, Wisnu Setiadi Nugroho, S.E., M.Sc., M.A., Ph.D., menyoroti semakin sulitnya anak muda, termasuk lulusan universitas ternama, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka.

“Banyak kebijakan pemerintah saat ini cenderung tambal sulam dan short term.

Berita Terkini

  • Kisah Fajar Munichputranto, Mahasiswa Double Degree MBA FEB UGM Penerima Beasiswa LPDP
    24 Oktober, 2025
  • FEB UGM dan ANU Gelar Forum Kebijakan Publik Mubyarto, Soroti Reformasi Kesejahteraan di Indonesia
    24 Oktober, 2025
  • FEB UGM Melakukan Program Menabung Air Untuk Dukung Keberlanjutan
    24 Oktober, 2025
  • Ekonom FEB UGM: Anak Muda Sulit Cari Kerja, Kebijakan Pemerintah Masih Jangka Pendek
    22 Oktober, 2025
  • FEB UGM Lepas 312 Wisudawan Pascasarjana
    21 Oktober, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju