• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Meningkatkan Nilai Jual Produk dengan Desain yang Menarik 

  • Berita
  • 7 Agustus 2025, 10.30
  • Oleh : shofihawa
Abang Edwin Syarif Agustin

Ketika dihadapkan dengan dua produk yang sama-sama baru, mana yang lebih menarik untuk dipilih, produk dengan tampilan visual yang menarik atau yang tampak biasa saja? Sebagian besar orang akan cenderung memilih produk dengan tampilan visual yang lebih menarik. Produk yang dikemas secara menarik akan lebih mampu memikat perhatian dan mendorong minat beli dari konsumen. 

Dalam upaya membantu UMKM dalam meningkatkan nilai jual produknya, FEB UGM melalui Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM FEB UGM berkolaborasi dengan Rumah BUMN  di FEB UGM menyelenggarakan pelatihan terpadu bertajuk “Meningkatkan Nilai Jual Produk Melalui Desain Kemasan yang Efektif”, yang digelar di FEB UGM pada Rabu (23/07). Kegiatan ini menghadirkan Abang Edwin Syarif Agustin, S.Sn., M.Ds., yang merupakan konsultan desain produk.

Abang Edwin menjelaskan bahwa desain produk merupakan proses penciptaan dan pengembangan produk fisik yang mencakup berbagai aspek, seperti bentuk, fungsi, estetika, material, serta penggunaan teknologi. Tujuan utama dari desain produk adalah memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna, sembari memastikan bahwa produk memiliki kualitas, ketahanan, dan daya tarik visual yang mampu menarik perhatian pasar.

Namun, desain produk bukan hanya mencakup desain kemasan, melainkan desain produk itu sendiri maupun desain kemasannya. Keduanya memiliki peran penting dalam memperkuat identitas merek dan membedakan produk di tengah persaingan pasar. Namun, dalam mendesain produk yang menarik diperlukan pemahaman mendalam terhadap pasar, konsumen, serta tren industri yang ada. Sebab, desain bukanlah proses satu arah yang hanya ditentukan oleh penjual, melainkan perlu juga mendapatkan umpan balik dari konsumen sebagai end user dalam proses jual-beli produk. 

Dalam mendesain produk, lanjutnya, terdapat beberapa tahapan kreatif yang bersifat iteratif dan berorientasi pada pengalaman pengguna. Dimulai dari membangun empati untuk memahami permasalahan yang dihadapi pelanggan, dilanjutkan dengan merumuskan definisi masalah secara jelas sebagai pedoman desain. Setelah itu, muncul fase pengembangan ide, yaitu mengembangkan beberapa sketsa awal produk untuk melihat rancangan desain kasar. Setelah itu, akan dipilih beberapa sketsa yang dijadikan prototype dalam bentuk fisik, agar produk bisa dirasakan secara nyata dan diuji dari sisi visual maupun fungsi. Pada tahap akhir, prototype diuji kepada pengguna untuk mendapatkan umpan balik, yang kemudian digunakan untuk menyempurnakan desain. Tahapan akhir ini biasanya dilakukan secara berulang hingga tercipta bentuk akhir yang optimal.

Di akhir sesi, Edwin menegaskan bahwa desain produk yang menarik bukan hanya bertujuan untuk mempercantik tampilan, tetapi juga untuk meningkatkan nilai jual produk. Sebab, dengan desain yang lebih unggul, pelaku usaha memiliki peluang untuk menaikkan harga produk karena adanya persepsi kualitas dan nilai yang lebih tinggi di mata konsumen. 

“UMKM yang ingin bersaing secara berkelanjutan dan menciptakan nilai unik dalam produknya perlu mempertimbangkan desain, baik dari sisi kemasan maupun bentuk produk, merupakan langkah penting yang tidak bisa diabaikan,” jelasnya

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 539
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Devita Ananda Pohan

Mahasiswi FEB UGM Torehkan Prestasi Internasional lewat White Paper Competition 2025

Prestasi Jumat, 26 September 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang internasional. Pada White Paper Competition Industrial Spectrum 2025, Devita Ananda Pohan (Akuntansi, 2023) yang tergabung dalam tim FiNiX berhasil meraih juara 1 sekaligus penghargaan Best Team Presentation. 

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UGM ini diikuti oleh 66 tim dari berbagai universitas di Indonesia.

Hadijah Putri Jasmine

Mahasiswa FEB Juara 1 BCA Business Case Competition 2025

Prestasi Jumat, 26 September 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada berhasil meraih juara pertama di ajang BCA Business Case Competition (BBCC) 2025 yang berlangsung pada 27–30 Agustus 2025 di Menara BCA, Jakarta. 

Rr.

Grace Zefanya

Kisah Perjalanan Grace Raih Predikat Wisudawan Terbaik FEB UGM

Wisuda Kamis, 25 September 2025

Bagi Grace Zefanya Octovella Situmorang (21), kampus bukan sekadar tempat menimba ilmu, melainkan ruang untuk bertumbuh, mencoba, dan berjejaring. Dari kelas hingga organisasi internasional, ia memaksimalkan setiap peluang yang datang.

CISDI

Membedah Dampak Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan

Berita Rabu, 24 September 2025

Minuman manis sudah lama menjadi favorit banyak orang Indonesia. Rasanya yang manis dan harganya yang relatif murah membuatnya semakin mudah dijangkau masyarakat.

Berita Terkini

  • Mahasiswi FEB UGM Torehkan Prestasi Internasional lewat White Paper Competition 2025
    26 September, 2025
  • Mahasiswa FEB Juara 1 BCA Business Case Competition 2025
    26 September, 2025
  • Kisah Perjalanan Grace Raih Predikat Wisudawan Terbaik FEB UGM
    25 September, 2025
  • Membedah Dampak Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan
    24 September, 2025
  • Peneliti UGM Teliti Efektivitas Nyamuk Wolbachia untuk Menekan Kasus DBD di Indonesia
    24 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju