• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

OJK Mengatur dan Mengawasi Seluruh Kegiatan Sektor Keuangan

  • Berita
  • 22 Februari 2019, 16.54
  • Oleh : Admin
Sosialisasi OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan “Sosialisasi Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan” pada Kamis (21/02). Bertempat di Bulaksumur Hall Hotel University Club UGM, acara dihadiri oleh Dekan FEB UGM, Eko Suwardi M.Sc., Ph.D. dan diramaikan oleh peserta dari berbagai kalangan mulai dari akademisi, praktisi, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, berkesempatan hadir sebagai pemateri. Sarjito memulai pemaparanya dengan menjelaskan fungsi OJK untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap seluruh kegiatan di sektor keuangan, yakni sektor perbankan, sektor pasar modal, dan sektor industri keuangan nonbank seperti lembaga asuransi, lembaga dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan Lembaga keuangan lainnya. Sementara itu, OJK juga berperan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat sesuai dengan tujuan OJK yang terkandung dalam Pasal 4 UU Nomor 21 tahun 2011 tentang OJK.

Dalam dunia yang semakin berkembang, terlebih dalam era disruptive technology ini, perusahaan gencar bertransformasi untuk melahirkan berbagai inovasi, tak terkecuai perusahaan dalam sektor keuangan. Dengan tren digitalisasi, perusahaan merancang strategi mulai dari infrakstruktur sistem hingga layanan dan produk yang relevan dengan kebutuhan masa kini. Melihat fenomena ini, Sarjito menekankan urgensi pengawasan perusahaan secara intensif serta perlindungan konsumen (consumer protection) terhadap praktik kejahatan yang marak terjadi, seperti penipuan, pencurian investasi bodong, dan kejahatan lainnya.

“OJK memiliki 3 kewenangan yaitu administratif, penyidikan, dan keperdataan. Kalau ada pelanggaran yang dilakukan perusahaan, masyarakat bisa lapor ke OJK, OJK bisa tindak lanjut,” tutur Sarjito.

Masyarakat masa kini diharapkan benar-benar jeli dalam menggunakan produk jasa keuangan. Empat poin strategi menjadi konsumen yang bijak disebutkan dalam pemaparan Sarjito yakni pahami kebutuhan, pilih produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, cek loyalitas produk dan perusahaan, pastikan paham manfaat, biaya, syarat, dan ketentuan, Bila masyarakat dirugikan melalui praktik pelanggaran perusahaan, masyarakat bisa menghubungi call center OJK di 157 untuk mendapatkan bantuan layanan pengaduan konsumen.

OJK berharap melalui edukasi sosialisasi semacam ini, masyarakat memiliki bekal ilmu dalam literasi keuangan untuk dapat menjadi konsumen yang bijak.

Sumber: Cyrilla Wikan

Views: 1,173

Related Posts

Softskill - Interview Skill FEB UGM 2025

Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa

Berita Jumat, 14 November 2025

Kemampuan berkomunikasi efektif, memahami diri, dan menyampaikan nilai secara meyakinkan menjadi kunci sukses dalam proses wawancara kerja. Kesadaran inilah yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan Mandatory Soft Skills: Interview Skills, yang digelar Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM bersama Lutfi Anggriawan, MR 5, CFP, CHRM, Branch Office Head (Assistant Vice President) BRI Cabang Yogyakarta Cik Ditiro yang juga alumni Manajemen FEB UGM.

Lutfi, menyampaikan interview skills merupakan kemampuan kandidat untuk mempresentasikan diri dan kompetensinya secara efektif dalam proses wawancara, termasuk dalam komunikasi verbal, non-verbal, serta kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat dan terarah.

Tim Basket Putra FEB UGM

Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025

Prestasi Jumat, 14 November 2025

Tim Basket Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2025.

Pengukuhan Guru Besar Gugup Kismono

Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy

Berita Kamis, 13 November 2025

Dunia kerja masa kini tengah menghadapi tantangan besar akibat perubahan orientasi hidup generasi muda dan meningkatnya tekanan digital. Perubahan besar dalam dunia kerja ini menuntut cara pandang baru terhadap keseimbangan hidup.

Entrepreneurs Table

Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025

Berita Rabu, 12 November 2025

Kelompok LAZE, RB Nusantara, dan Bantoo dinobatkan sebagai tiga pemenang Program Pra-Inkubasi Young Entrepreneur Show! (YES!) 2025 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Berita Terkini

  • Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa
    14 November, 2025
  • Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025
    14 November, 2025
  • Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy
    13 November, 2025
  • Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025
    12 November, 2025
  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025

Agenda

  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

๐Ÿ’ฌ Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo ๐Ÿ‘‹
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju