• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

OJK Mengatur dan Mengawasi Seluruh Kegiatan Sektor Keuangan

  • Berita
  • 22 Februari 2019, 16.54
  • Oleh : Admin
Sosialisasi OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan “Sosialisasi Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan” pada Kamis (21/02). Bertempat di Bulaksumur Hall Hotel University Club UGM, acara dihadiri oleh Dekan FEB UGM, Eko Suwardi M.Sc., Ph.D. dan diramaikan oleh peserta dari berbagai kalangan mulai dari akademisi, praktisi, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, berkesempatan hadir sebagai pemateri. Sarjito memulai pemaparanya dengan menjelaskan fungsi OJK untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap seluruh kegiatan di sektor keuangan, yakni sektor perbankan, sektor pasar modal, dan sektor industri keuangan nonbank seperti lembaga asuransi, lembaga dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan Lembaga keuangan lainnya. Sementara itu, OJK juga berperan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat sesuai dengan tujuan OJK yang terkandung dalam Pasal 4 UU Nomor 21 tahun 2011 tentang OJK.

Dalam dunia yang semakin berkembang, terlebih dalam era disruptive technology ini, perusahaan gencar bertransformasi untuk melahirkan berbagai inovasi, tak terkecuai perusahaan dalam sektor keuangan. Dengan tren digitalisasi, perusahaan merancang strategi mulai dari infrakstruktur sistem hingga layanan dan produk yang relevan dengan kebutuhan masa kini. Melihat fenomena ini, Sarjito menekankan urgensi pengawasan perusahaan secara intensif serta perlindungan konsumen (consumer protection) terhadap praktik kejahatan yang marak terjadi, seperti penipuan, pencurian investasi bodong, dan kejahatan lainnya.

“OJK memiliki 3 kewenangan yaitu administratif, penyidikan, dan keperdataan. Kalau ada pelanggaran yang dilakukan perusahaan, masyarakat bisa lapor ke OJK, OJK bisa tindak lanjut,” tutur Sarjito.

Masyarakat masa kini diharapkan benar-benar jeli dalam menggunakan produk jasa keuangan. Empat poin strategi menjadi konsumen yang bijak disebutkan dalam pemaparan Sarjito yakni pahami kebutuhan, pilih produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, cek loyalitas produk dan perusahaan, pastikan paham manfaat, biaya, syarat, dan ketentuan, Bila masyarakat dirugikan melalui praktik pelanggaran perusahaan, masyarakat bisa menghubungi call center OJK di 157 untuk mendapatkan bantuan layanan pengaduan konsumen.

OJK berharap melalui edukasi sosialisasi semacam ini, masyarakat memiliki bekal ilmu dalam literasi keuangan untuk dapat menjadi konsumen yang bijak.

Sumber: Cyrilla Wikan

Views: 1,086

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan