• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Menilik Strategi Presentasi Diri Melalui Media Sosial

  • Berita
  • 13 Desember 2021, 09.24
  • Oleh : Admin
Widya Paramita

Dewasa ini, media sosial menjadi begitu lekat dengan kehidupan kebanyakan orang setiap harinya. Sering pula kita jumpai berbagai fenomena terkait pemanfaatannya di berbagai bidang, misalnya mulai dari motif profesional sebagai sarana pencarian pekerjaan hingga motif personal sebagai sarana pencarian jodoh. Dalam proses pemanfaatan media sosial ini, tak dipungkiri terdapat adanya kecenderungan seseorang menilai orang lain berdasarkan apa yang ditampilkan di media sosialnya. Hal ini pun menjadi sebuah inspirasi untuk menggali lebih dalam tentang strategi presentasi diri pengguna media sosial untuk bisa mendapatkan penilaian positif dari pengguna lain.

Terinspirasi dari fenomena tersebut, sebuah penelitian pun dilakukan dan kemudian hasilnya dipresentasikan melalui acara Webinar Magister Sains dan Doktor Research Forum (MD REFO) pada Jum’at (10/12). MD REFO merupakan webinar yang bertujuan untuk pengembangan keilmuan dan diselenggarakan secara periodik dengan menghadirkan dosen-dosen di FEB UGM sebagai narasumber. Webinar MD REFO seri ke-1 kali ini menampilkan Widya Paramita, M.Sc., Ph.D. sebagai narasumber dengan judul bahasan “Don’t Judge a Person by His/Her Social Media Account: Strategi Presentasi Diri Melalui Media Sosial.” yang mampu meningkatkan wawasan serta pengetahuan di bidang pemasaran.

Penelitian terkait topik strategi presentasi diri melalui sosial media ini bertujuan untuk menguji faktor kondisional yang menyebabkan variasi dalam efektivitas strategi humblebragging. Humblebragging secara objektif merupakan pelanggaran norma, tetapi peneliti ingin mencari tahu kapan humblebragging dapat diterima dan kapan tidak dapat diterima para pengguna media sosial. Metode penelitian dilakukan melalui sebuah desain eksperimental yang melibatkan influencer (individu dengan status sosial lebih rendah) dan selebriti (individu dengan status sosial lebih tinggi) dengan melakukan humblebragging atau bragging secara langsung.

Berdasarkan presentasi Widya, strategi presentasi diri adalah upaya seseorang untuk mengelola kesan atau impresi orang lain terhadap dirinya karena secara umum orang ingin dipersepsikan secara positif oleh orang lain. Terdapat berbagai macam kategorisasi strategi presentasi diri, salah satu contohnya adalah bragging dan humblebragging yang menjadi bahasan utama dari penelitian. Humblebragging adalah strategi presentasi diri dengan cara menutupi niat menyombongkan diri misalnya dengan merendahkan diri. Humblebragging dipandang efektif untuk mempromosikan aspek positif, tetapi di sisi lain justru menimbulkan persepsi negatif. Bahkan, penelitian Sezer, Gino & Norton (2018) menemukan bahwa perilaku menyombongkan diri secara terang-terangan dinilai lebih positif dibandingkan dengan humblebragging.

Kesimpulan hasil penelitiannya, walaupun secara umum humblebragging dinilai negatif, tetapi pengguna sosial menilai humblebragging lebih positif jika dilakukan oleh selebriti dibandingkan influencer. Orang menganggap sangat wajar bagi influencer untuk menyombongkan diri secara terang-terangan demi meningkatkan statusnya. Justru ketika melakukan humblebragging, mereka akan dinilai kurang bersyukur atau tidak kompeten dan meimbulkan rasa marah (iritasi) pada pengguna sosial media lain.

Reportase: Kirana Lalita Pristy/Sony Budiarso.

Views: 244

Related Posts

Tatsbita Ratqa Amany tersenyum sambil memegang hasil kerajinan tangan di acara workshop Day of Art

Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 

Sudut Mahasiswa Jumat, 16 Mei 2025

Siapa sangka, hobi membuat kerajinan tangan sejak kecil bisa menghantarkan Tatsbita Ratqa Amany, mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UGM angkatan 2022, membangun bisnis kreatif yang kini menjangkau puluhan kota di Indonesia? Berawal dari kegemaran pribadi, Tatsbita mendirikan Day of Art, platform workshop kerajinan yang sukses menggandeng ratusan brand nasional hingga internasional.

Agenda Dies Natalis ke-70

Dies Natalis Jumat, 16 Mei 2025

Agenda Kegiatan Dies Natalis ke-70
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

 

Agenda Kegiatan

Tanggal Kegiatan Dokumentasi
24 Mei IAI APAFEST 2025, detil
26-27 Juni Konferensi Internasional

  • Accounting and Accountability in Emerging Economies (AAEE) 2025, detil
14-25 Juli Global Summer Week 2025, detil
23-25 Juli Konferensi Internasional

  • The 13th Gadjah Mada International Conference on Economics and Business (GAMAICEB 2025), detil
Agustus Seminar Internasional

  • The 9th Mubyarto Public Policy Forum (MPPF 2025)
13-14 September Family Fun Evening

  • Fun Game
  • Kuliner
19 September Sidang Senat Terbuka

  • Pidato Laporan Tahunan Dekan: Prof. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ph.D., Ak.
    Menko Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan strategi pemberdayaan UMKM melalui investasi inklusif di seminar FEB UGM.

    Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi

    Berita Jumat, 16 Mei 2025

    Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat (Kemenko PM) Republik Indonesia, Dr. (HC) Drs. Abdul Muhaimin Iskandar mendorong mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkarya untuk memberikan solusi nyata terhadap berbagai persoalan bangsa, termasuk dalam bidang sosial dan ekonomi.

    Dosen FEB UGM, Muhammad Edhie Purnawan, memberikan pandangan tentang diplomasi ekonomi Indonesia di tengah proteksionisme AS.

    Bertarung di Meja Diplomasi, Menjaga Kedaulatan Ekonomi 

    Suara Akademisi Jumat, 16 Mei 2025

    Oleh Muhammad Edhie Purnawan, S.E., M.A., Ph.D
    Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

    Di tengah proteksionisme ekonomi Amerika Serikat yang semakin ketat, Indonesia menghadapi ujian berat.

    Berita Terkini

    • Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 
      Mei 16, 2025
    • Agenda Dies Natalis ke-70
      Mei 16, 2025
    • Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi
      Mei 16, 2025
    • Bertarung di Meja Diplomasi, Menjaga Kedaulatan Ekonomi 
      Mei 16, 2025
    • FEB UGM Bahas Potensi Kolaborasi Riset dan Akademik dengan Hochschule Osnabrück
      Mei 15, 2025

    Artikel Terkait

    • Mahasiswa FEB UGM Sukses Bangun Bisnis Kerajinan yang Gandeng Ratusan Brand 
      Mei 16, 2025
    • Agenda Dies Natalis ke-70
      Mei 16, 2025
    • Menko Muhaimin Dorong Mahasiswa Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Ekonomi
      Mei 16, 2025
    • Bertarung di Meja Diplomasi, Menjaga Kedaulatan Ekonomi 
      Mei 16, 2025
    • FEB UGM Bahas Potensi Kolaborasi Riset dan Akademik dengan Hochschule Osnabrück
      Mei 15, 2025
    Universitas Gadjah Mada

    Universitas Gadjah Mada
    Fakultas Ekonomika dan Bisnis

    Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

    Peta & Arah
    Informasi Kontak Selengkapnya

    Departemen

    • Akuntansi
    • Ilmu Ekonomi
    • Manajemen

    Direktori Fakultas

    • Informasi Publik
    • Manajemen Ruang
    • Manajemen Aset
    • Manajemen Makam

    Alumni

    • Komunitas Alumni
    • Layanan Alumni
    • Pelacakan Studi
    • Pekerjaan & Magang
    • Beasiswa

    Social Media

    © 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

    Kebijakan PrivasiPeta Situs

    Buka percakapan
    1
    💬 Butuh bantuan?
    FEB UGM Official WhatsApp
    Halo 👋
    Bisakah kami membantu Anda?