• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Menilik Strategi Presentasi Diri Melalui Media Sosial

  • Berita
  • 13 Desember 2021, 09.24
  • Oleh : Admin
Widya Paramita

Dewasa ini, media sosial menjadi begitu lekat dengan kehidupan kebanyakan orang setiap harinya. Sering pula kita jumpai berbagai fenomena terkait pemanfaatannya di berbagai bidang, misalnya mulai dari motif profesional sebagai sarana pencarian pekerjaan hingga motif personal sebagai sarana pencarian jodoh. Dalam proses pemanfaatan media sosial ini, tak dipungkiri terdapat adanya kecenderungan seseorang menilai orang lain berdasarkan apa yang ditampilkan di media sosialnya. Hal ini pun menjadi sebuah inspirasi untuk menggali lebih dalam tentang strategi presentasi diri pengguna media sosial untuk bisa mendapatkan penilaian positif dari pengguna lain.

Terinspirasi dari fenomena tersebut, sebuah penelitian pun dilakukan dan kemudian hasilnya dipresentasikan melalui acara Webinar Magister Sains dan Doktor Research Forum (MD REFO) pada Jum’at (10/12). MD REFO merupakan webinar yang bertujuan untuk pengembangan keilmuan dan diselenggarakan secara periodik dengan menghadirkan dosen-dosen di FEB UGM sebagai narasumber. Webinar MD REFO seri ke-1 kali ini menampilkan Widya Paramita, M.Sc., Ph.D. sebagai narasumber dengan judul bahasan “Don’t Judge a Person by His/Her Social Media Account: Strategi Presentasi Diri Melalui Media Sosial.” yang mampu meningkatkan wawasan serta pengetahuan di bidang pemasaran.

Penelitian terkait topik strategi presentasi diri melalui sosial media ini bertujuan untuk menguji faktor kondisional yang menyebabkan variasi dalam efektivitas strategi humblebragging. Humblebragging secara objektif merupakan pelanggaran norma, tetapi peneliti ingin mencari tahu kapan humblebragging dapat diterima dan kapan tidak dapat diterima para pengguna media sosial. Metode penelitian dilakukan melalui sebuah desain eksperimental yang melibatkan influencer (individu dengan status sosial lebih rendah) dan selebriti (individu dengan status sosial lebih tinggi) dengan melakukan humblebragging atau bragging secara langsung.

Berdasarkan presentasi Widya, strategi presentasi diri adalah upaya seseorang untuk mengelola kesan atau impresi orang lain terhadap dirinya karena secara umum orang ingin dipersepsikan secara positif oleh orang lain. Terdapat berbagai macam kategorisasi strategi presentasi diri, salah satu contohnya adalah bragging dan humblebragging yang menjadi bahasan utama dari penelitian. Humblebragging adalah strategi presentasi diri dengan cara menutupi niat menyombongkan diri misalnya dengan merendahkan diri. Humblebragging dipandang efektif untuk mempromosikan aspek positif, tetapi di sisi lain justru menimbulkan persepsi negatif. Bahkan, penelitian Sezer, Gino & Norton (2018) menemukan bahwa perilaku menyombongkan diri secara terang-terangan dinilai lebih positif dibandingkan dengan humblebragging.

Kesimpulan hasil penelitiannya, walaupun secara umum humblebragging dinilai negatif, tetapi pengguna sosial menilai humblebragging lebih positif jika dilakukan oleh selebriti dibandingkan influencer. Orang menganggap sangat wajar bagi influencer untuk menyombongkan diri secara terang-terangan demi meningkatkan statusnya. Justru ketika melakukan humblebragging, mereka akan dinilai kurang bersyukur atau tidak kompeten dan meimbulkan rasa marah (iritasi) pada pengguna sosial media lain.

Reportase: Kirana Lalita Pristy/Sony Budiarso.

Views: 591

Related Posts

Softskill - Interview Skill FEB UGM 2025

Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa

Berita Jumat, 14 November 2025

Kemampuan berkomunikasi efektif, memahami diri, dan menyampaikan nilai secara meyakinkan menjadi kunci sukses dalam proses wawancara kerja. Kesadaran inilah yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan Mandatory Soft Skills: Interview Skills, yang digelar Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM bersama Lutfi Anggriawan, MR 5, CFP, CHRM, Branch Office Head (Assistant Vice President) BRI Cabang Yogyakarta Cik Ditiro yang juga alumni Manajemen FEB UGM.

Lutfi, menyampaikan interview skills merupakan kemampuan kandidat untuk mempresentasikan diri dan kompetensinya secara efektif dalam proses wawancara, termasuk dalam komunikasi verbal, non-verbal, serta kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat dan terarah.

Tim Basket Putra FEB UGM

Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025

Prestasi Jumat, 14 November 2025

Tim Basket Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2025.

Pengukuhan Guru Besar Gugup Kismono

Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy

Berita Kamis, 13 November 2025

Dunia kerja masa kini tengah menghadapi tantangan besar akibat perubahan orientasi hidup generasi muda dan meningkatnya tekanan digital. Perubahan besar dalam dunia kerja ini menuntut cara pandang baru terhadap keseimbangan hidup.

Entrepreneurs Table

Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025

Berita Rabu, 12 November 2025

Kelompok LAZE, RB Nusantara, dan Bantoo dinobatkan sebagai tiga pemenang Program Pra-Inkubasi Young Entrepreneur Show! (YES!) 2025 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Berita Terkini

  • Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa
    14 November, 2025
  • Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025
    14 November, 2025
  • Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy
    13 November, 2025
  • Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025
    12 November, 2025
  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025

Agenda

  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju