• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Membedah Kekuatan Storytelling dalam Pemasaran Digital

  • Berita
  • 21 Desember 2024, 07.41
  • Oleh : Admin
Sahid Susilo Nugroho

Storytelling telah menjadi salah satu strategi penting dalam dunia pemasaran digital, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemampuan bercerita atau storytelling menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian dan membangun loyalitas pelanggan. Bukan hanya sebagai alat pemasaran, stroytelling juga menjadi cara untuk menonjolkan keunikan produk tengah persaingan pasar yang begitu ketat.

Melalui cerita, sebuah produk juga memiliki nilai emosional yang mampu menghubungkan konsumen dengan brand. Oleh sebab itu penting untuk memperkuat kemampuan storytelling dalam pemasaran produk.

“Manusia suka melihat, membaca, dan mendengar cerita karena menciptakan hubungan manusiawi berbasis empati, memperkuat kepercayaan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan,” jelas Dr. Sahid S. Nugroho, M.Sc., Dosen Departemen Manajemen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Dalam Pelatihan Digitalisasi Bisnis UMKM pada 21 November 2024 di FEB UGM, Sahid menyampaikan pemaparan materi tentang “Memasarkan Produk Melalui Media Sosial bagi pelaku UMKM.” Ia menjelaskan kriteria cerita yang efektif adalah bermanfaat, relevan, mudah dipahami, emosional, dan inspiratif.

Dalam storytelling, lanjutnya, perlu strategi yang tepat. Misalnya, mencari karakter produk yang paling menonjol dan penting di mata konsumen. Cerita yang dibangun mengambil sisi kemanusiaan konsumen dengan membuat sebuah dramatisasi secara emosional atau sosial yang menunjukkan aspek pro kontra dari karakter produk. Selain itu, mengembangkan kisah otentik alami tanpa kesan yang dibuat.

“Dramatisasi yang tepat mampu menonjolkan keunggulan produk dengan cara yang alami dan memikat,” ucapnya.

Dalam pelatihan tersebut Sahid juga menyampaikan soal strategi promosi yang dapat diterapkan baik melalui jalur berbayar maupun organik. Menurut Sahid, program periklanan berbayar di platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok dapat menjadi cara cepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Namun, ia menekankan pentingnya perencanaan matang sebelum memasang iklan. “Pebisnis harus memahami kebutuhan konsumen, menentukan tujuan komunikasi, mengenali target audiens, menonjolkan keunggulan produk, dan menyusun strategi kreatif yang tepat,” ujarnya.

Selain promosi berbayar, Sahid juga menjelaskan strategi organik yang tidak kalah efektif. Ia menyarankan pelaku bisnis untuk memanfaatkan algoritma media sosial dengan cara aktif memposting konten yang menarik, baik dalam bentuk poster maupun video. Strategi lain adalah dengan mengikuti akun serupa, membalas pesan, dan berinteraksi melalui komentar audiens.

Reporter: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 1,678
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

IUP Parents Meeting FEB UGM

Perkenalkan Program Mobilitas Internasional, FEB UGM Gelar IUP Parents Meeting 2025

Berita Senin, 27 Oktober 2025

Dalam rangka memperkenalkan mobilitas internasional untuk mahasiswa International Undergraduate Program (IUP), Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melalui Unit Global Relations and Mobility Office (GREAT) menyelenggarakan IUP Parents Meeting pada Sabtu (18/10/2025) di Ruang Alumni Corner, FEB UGM.

ACCA

Calon Akuntan Harus Adaptif di Tengah Transformasi Global

Berita Senin, 27 Oktober 2025

Perkembangan teknologi membawa perubahan pada lanskap kehidupan, termasuk masa depan profesi akuntan. Kehadiran kecerdasan buatan (AI) hingga meningkatnya fragmentasi geoekonomi menjadi sinyal bagi calon akuntan untuk segera beradaptasi di tengah dinamika global yang semakin kompleks.

Hal tersebut disampaikan oleh Business Relationship Manager Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Indonesia, Afif Alfarizi dalam ACCA University Info Session 2025 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Kamis (23/10/2025) di Auditorium Gedung Pusat Pembelajaran FEB UGM.

Fajar Munichputranto

Kisah Fajar Munichputranto, Mahasiswa Double Degree MBA FEB UGM Penerima Beasiswa LPDP

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Tidak semua orang berani meninggalkan zona nyaman demi mengejar panggilan baru. Fajar Munichputranto, mahasiswa Program Magister Manajemen FEB UGM sekaligus penerima Beasiswa LPDP, memilih langkah itu.

Mubyarto Public Policy Forum 2025

FEB UGM dan ANU Gelar Forum Kebijakan Publik Mubyarto, Soroti Reformasi Kesejahteraan di Indonesia

Berita Jumat, 24 Oktober 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerja sama dengan Australian National University (ANU) kembali menyelenggarakan Mubyarto Public Policy Forum 2025 yang berlangsung  pada Jumat (24/10/2025) di Function Hall, lantai 8 Gedung Learning Center FEB UGM.

Berita Terkini

  • Perkenalkan Program Mobilitas Internasional, FEB UGM Gelar IUP Parents Meeting 2025
    27 Oktober, 2025
  • Calon Akuntan Harus Adaptif di Tengah Transformasi Global
    27 Oktober, 2025
  • Kisah Fajar Munichputranto, Mahasiswa Double Degree MBA FEB UGM Penerima Beasiswa LPDP
    24 Oktober, 2025
  • FEB UGM dan ANU Gelar Forum Kebijakan Publik Mubyarto, Soroti Reformasi Kesejahteraan di Indonesia
    24 Oktober, 2025
  • FEB UGM Melakukan Program Menabung Air Untuk Dukung Keberlanjutan
    24 Oktober, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju