• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Membedah Kekuatan Storytelling dalam Pemasaran Digital

  • Berita
  • 21 Desember 2024, 07.41
  • Oleh : Admin
Sahid Susilo Nugroho

Storytelling telah menjadi salah satu strategi penting dalam dunia pemasaran digital, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemampuan bercerita atau storytelling menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian dan membangun loyalitas pelanggan. Bukan hanya sebagai alat pemasaran, stroytelling juga menjadi cara untuk menonjolkan keunikan produk tengah persaingan pasar yang begitu ketat.

Melalui cerita, sebuah produk juga memiliki nilai emosional yang mampu menghubungkan konsumen dengan brand. Oleh sebab itu penting untuk memperkuat kemampuan storytelling dalam pemasaran produk.

“Manusia suka melihat, membaca, dan mendengar cerita karena menciptakan hubungan manusiawi berbasis empati, memperkuat kepercayaan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan,” jelas Dr. Sahid S. Nugroho, M.Sc., Dosen Departemen Manajemen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Dalam Pelatihan Digitalisasi Bisnis UMKM pada 21 November 2024 di FEB UGM, Sahid menyampaikan pemaparan materi tentang “Memasarkan Produk Melalui Media Sosial bagi pelaku UMKM.” Ia menjelaskan kriteria cerita yang efektif adalah bermanfaat, relevan, mudah dipahami, emosional, dan inspiratif.

Dalam storytelling, lanjutnya, perlu strategi yang tepat. Misalnya, mencari karakter produk yang paling menonjol dan penting di mata konsumen. Cerita yang dibangun mengambil sisi kemanusiaan konsumen dengan membuat sebuah dramatisasi secara emosional atau sosial yang menunjukkan aspek pro kontra dari karakter produk. Selain itu, mengembangkan kisah otentik alami tanpa kesan yang dibuat.

“Dramatisasi yang tepat mampu menonjolkan keunggulan produk dengan cara yang alami dan memikat,” ucapnya.

Dalam pelatihan tersebut Sahid juga menyampaikan soal strategi promosi yang dapat diterapkan baik melalui jalur berbayar maupun organik. Menurut Sahid, program periklanan berbayar di platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok dapat menjadi cara cepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Namun, ia menekankan pentingnya perencanaan matang sebelum memasang iklan. “Pebisnis harus memahami kebutuhan konsumen, menentukan tujuan komunikasi, mengenali target audiens, menonjolkan keunggulan produk, dan menyusun strategi kreatif yang tepat,” ujarnya.

Selain promosi berbayar, Sahid juga menjelaskan strategi organik yang tidak kalah efektif. Ia menyarankan pelaku bisnis untuk memanfaatkan algoritma media sosial dengan cara aktif memposting konten yang menarik, baik dalam bentuk poster maupun video. Strategi lain adalah dengan mengikuti akun serupa, membalas pesan, dan berinteraksi melalui komentar audiens.

Reporter: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 1,456
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Novat Pugo Sambodo

Dosen FEB UGM Soroti Dampak Ekonomi Konsumsi Minuman Manis

Berita Rabu, 1 Oktober 2025

Konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) bukan hanya ancaman bagi kesehatan, tetapi juga menjadi beban ekonomi negara. Dari risiko obesitas hingga lonjakan biaya layanan kesehatan, dampaknya meluas hingga membebani anggaran negara. 

Dosen Program Studi Ilmu Ekonomi FEB UGM, Novat Pugo Sambodo, S.E., MIDEC., mengungkapkan bahwa meskipun minuman berpemanis bisa saja dilepas ke pasar tanpa intervensi pemerintah, risikonya jauh lebih besar daripada yang dibayangkan.

Ahmad Zaki

Tantangan dan Peluang ESG Assurance dalam Audit Laporan Keberlanjutan

Berita Rabu, 1 Oktober 2025

Isu Environmental, Social, and Governance (ESG) semakin menjadi perhatian penting di dunia bisnis. Perusahaan tidak hanya dituntut menyajikan laporan keuangan yang andal, tetapi juga melaporkan upaya keberlanjutan mereka.

Rennta Chrisdiana Awie

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Berita Selasa, 30 September 2025

Menjalani perkuliahan di kampus bukan hanya soal mengejar prestasi akademik, tetapi juga menjaga keseimbangan diri. Hal inilah yang disampaikan Educator dan Social Activist, Rennta Chrisdiana Awie, M.Sc., dalam kegiatan FEBinvinity: Pembekalan Mahasiswa Penerima KIP-K di Auditorium Gedung Pusat Pembelajaran FEB UGM, Sabtu (20/09/2025). 

Rennta menekankan bahwa perjalanan setiap mahasiswa penuh dengan aktivitas padat sejak pagi hingga sore hari.

Dies Natalis Ke-45 MD FEB UGM

Rayakan Dies Natalis Ke-45, MD FEB UGM Perkuat Kolaborasi dan Publikasi 

Berita Selasa, 30 September 2025

Program Studi Magister dan Doktor (MD) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menggelar tasyakuran peringatan Dies Natalis ke-45 di lobi Gedung MD, Senin (29/9/2025).

Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen, Prof. Dr.

Berita Terkini

  • Dosen FEB UGM Soroti Dampak Ekonomi Konsumsi Minuman Manis
    1 Oktober, 2025
  • Tantangan dan Peluang ESG Assurance dalam Audit Laporan Keberlanjutan
    1 Oktober, 2025
  • Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa
    30 September, 2025
  • Rayakan Dies Natalis Ke-45, MD FEB UGM Perkuat Kolaborasi dan Publikasi 
    30 September, 2025
  • FEB UGM Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K
    30 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju