• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Tips Bijak Hadapi Pertanyaan Basa-Basi Saat Lebaran

  • Berita
  • 20 Maret 2025, 09.57
  • Oleh : shofihawa
Tips Bijak Hadapi Pertanyaan Basa-Basi Saat Lebaran

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh banyak orang setelah menjalankan ibadah puasa. Di kesempatan inilah, kita akan berjumpa dengan keluarga besar yang sudah lama tidak ditemui dan kembali mempererat tali silaturahmi. Namun di tengah suasana hangat tersebut, sering kali muncul pertanyaan basa-basi yang dianggap sebagai bentuk kepedulian, tetapi justru menimbulkan ketidaknyamanan. Pertanyaan seperti pencapaian pendidikan ataupun karir, kehidupan pribadi hingga soal perubahan fisik sering kali menjadi bahan perbincangan yang tidak dapat dihindarkan.

Bagi sebagian orang, pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin terasa wajar. Namun, bagi yang lain, hal itu bisa menambah beban pikiran. Berdasarkan teori Cognitive Appraisal dari Lazarus dan Folkman, stres merupakan respons otomatis terhadap suatu situasi dan bergantung pada bagaimana individu menilai peristiwa tersebut sebagai ancaman, tekanan, atau sesuatu yang netral.

“Jika kita menganggap pertanyaan basa-basi sebagai bentuk tekanan, maka tubuh dan pikiran akan bereaksi dengan stress sehingga mengubah cara pandang terhadap pertanyaan ini bisa menjadi langkah awal untuk menghadapinya dengan lebih santai,” ujar Psikolog Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM, Anisa Yuliandri, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Anisa menyampaikan bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Qudsy (2020) menunjukkan bahwa tekanan sosial berdampak secara signifikan pada kesehatan mental. Jika tidak dikelola dengan baik, tekanan ini dapat memicu kecemasan, stres, hingga menurunkan rasa percaya diri. Namun, jika disikapi secara positif, tekanan sosial justru bisa menjadi motivasi untuk berkembang.

Anisa pun berbagi tips bijak menghadapi pertanyaan ini. Salah satunya adalah dengan berkomunikasi secara asertif yaitu menyampaikan suatu hak tanpa menyinggung orang lain. Selain itu, menanggapi dengan santai dan humor dapat menjadi solusi agar obrolan tetap ringan dan nyaman.

“Jika sudah mulai merasa tidak nyaman, coba alihkan pembicaraan ke topik lain. Yang paling penting adalah jangan terlalu dipikirkan. Jika mulai merasa terganggu, cobalah untuk tarik napas dalam dalam dan tenangkan diri. Kalau perlu, tidak ada salahnya untuk bersikap jujur dan terbuka untuk membuatmu lebih nyaman,” paparnya..

Anisa juga mengingatkan untuk tetap menghadapi pembicaraan dengan santai tanpa terbawa perasaan. Jangan biarkan perkataan orang lain membuat diri merasa tidak cukup baik. Sebab, biasanya orang lain menyampaikan pertanyaan hanya sekedar basa-basi tanpa memiliki maksud tertentu.

“Ingat, setiap orang memiliki perjalanan hidupnya sendiri. Tidak ada yang perlu dikejar hanya karena ekspektasi sosial,” pesannya.

Apabila berbagai pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat lebaran masih mengganggu atau membebani, Anisa mengingatkan kembali bahwa jangan pernah merasa sendirian. Sebab, FEB UGM menyediakan fasilitas layanan kesehatan mental melalui CSDU yang memberikan layanan konsultasi gratis dengan profesional yang selalu siap membantu. Selain itu, FEB juga memiliki Peer Support yaitu teman sebaya yang bisa diajak berbagi cerita dan mencari solusi bersama.

Sumber: CSDU
Penulis: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals:

SDG 3 SDG 4 SDG 8 SDG 10 SDG 16

Views: 653
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 3: Kehidupan Sehat Dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDGs

Related Posts

Azellia Alma Shafira

Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini

Berita Rabu, 13 Agustus 2025

Bisnis yang sukses jarang lahir dari keberuntungan semata. Ia dibangun dari perencanaan yang matang, peta strategi yang jelas, dan kemampuan membaca risiko.

Tim Moon

Tim FEB UGM Juara 2 di Kompetisi Bisnis ASCEND 2025

Berita Rabu, 13 Agustus 2025

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang tergabung dalam tim Moon berhasil meraih juara dua dalam kompetisi Airlangga Strategic Case Engagement for Next-Gen Development (ASCEND) 2025, yang diselenggarakan oleh Do Well Do Good (DWDG) Universitas Airlangga.

Orientation Day 2025

FEB UGM Sambut 81 Mahasiswa Internasional 2025

Berita Selasa, 12 Agustus 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyambut hangat 81 mahasiswa internasional pada semester gasal Tahun Ajaran 2025/2026 dalam kegiatan Orientation Day yang diselenggarakan di Alumni Corner, Senin (11/8).

Aurel Diyah Agustin

Mahasiswa FEB UGM Juara Nasional Berkat Inovasi Tiket Digital Berbasis Wajah

Berita Selasa, 12 Agustus 2025

Mahasiswa FEB UGM kembali mengukir prestasi di ajang nasional Next-Gen Science Technopreneur Battle 2025. Aurel Diyah Agustin, mahasiswa Program Studi Akuntansi berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi tersebut dengan mengajukan ide bisnis inovatif berupa pengembangan platform Smart Digital Ticketing berbasis identitas wajah. 

Platform bernama Tixless dengan slogan “Satu Wajah, Satu Tiket” dikembangkan oleh Aurel dan Dita Ristyani dari FK-KMK UGM, hadir untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam mengakses sebuah acara.

Berita Terkini

  • Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini
    13 Agustus, 2025
  • Tim FEB UGM Juara 2 di Kompetisi Bisnis ASCEND 2025
    13 Agustus, 2025
  • FEB UGM Sambut 81 Mahasiswa Internasional 2025
    12 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara Nasional Berkat Inovasi Tiket Digital Berbasis Wajah
    12 Agustus, 2025
  • Kiprah Wuri Handayani dalam Penyusunan Buku Relasi Sehat
    11 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini
    13 Agustus, 2025
  • Tim FEB UGM Juara 2 di Kompetisi Bisnis ASCEND 2025
    13 Agustus, 2025
  • FEB UGM Sambut 81 Mahasiswa Internasional 2025
    12 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara Nasional Berkat Inovasi Tiket Digital Berbasis Wajah
    12 Agustus, 2025
  • Kiprah Wuri Handayani dalam Penyusunan Buku Relasi Sehat
    11 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan