• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Tips Pemanfaatan LinkedIn untuk Meningkatkan Branding Institusi

  • Berita
  • 27 Maret 2025, 08.36
  • Oleh : shofihawa
Tips Pemanfaatan LinkedIn untuk Meningkatkan Branding Institusi

Di era digital yang semakin berkembang, media sosial telah masif digunakan sebagai salah satu sarana utama dalam pemasaran. LinkedIn yang awalnya dikenal sebagai platform khusus membangun jaringan profesional dan mencari pekerjaan, kini telah berkembang menjadi salah satu alat efektif untuk meningkatkan kredibilitas dan visibilitas jenama (brand). Banyak perusahaan dan institusi pendidikan yang telah memanfaatkan LinkedIn untuk memperkuat branding dan melakukan analisis industri.

Account Director di LinkedIn, Marsel Mauricius menyampaikan bahwa pemanfaatan LinkedIn sebagai media promosi dapat memberikan dampak yang signifikan, yaitu penguatan citra akademik, peningkatan pendaftaran dan perluasan peluang karier bagi lulusannya, termasuk bagi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Kendati begitu, Marsel mengatakan masih terdapat tantangan yang dihadapi institusi pendidikan dalam mempromosikan diri. Tantangan pertama datang dari institusi itu sendiri, seperti ketidakmampuan institusi dalam menyesuaikan kurikulum pembelajaran dengan perubahan permintaan skill dan pekerjaan. Hal ini diakibatkan oleh pesatnya perubahan teknologi yang menciptakan kesenjangan antara keterampilan yang diajarkan oleh institusi dengan yang sebenarnya dibutuhkan di dunia kerja. Tak hanya itu, masalah teknis juga muncul dari kesulitan institusi dalam memahami dan mengantisipasi perubahan tren di pasar tenaga kerja.

Dalam pelatihan bertajuk “LinkedIn Sebagai Sarana Promosi Program Studi di FEB UGM” melalui Zoom Meeting pada Selasa (25/3/2025), Marsel menyebutkan ditengah perubahan kebutuhan pasar kerja, ekspektasi mahasiswa terhadap universitas semakin tinggi. Mereka tidak hanya melihat kampus sebagai tempat belajar, tetapi juga sebagai jembatan menuju karier mereka di masa depan. Ketidakseimbangan antara ekspektasi dengan tantangan yang ada ini sering kali menyebabkan ketidakpuasan dan irrelevansi antara kemampuan lulusan dengan pekerjaan yang ada. Hal ini membuat program studi yang dimiliki oleh institusi juga menjadi kurang menarik di mata calon pendaftar.

Realitas ketimpangan ini didukung oleh data dari World Economic Forum yang menyatakan bahwa sepertiga dari kompetensi inti yang dibutuhkan dalam pekerjaan sekarang akan berubah dalam lima tahun ke depan.

“Artinya ketika mahasiswa lulus nanti, skill yang mereka pelajari akan sudah tidak relevan lagi. Oleh karena itu, institusi pendidikan perlu lebih proaktif dalam memahami tren keterampilan yang dibutuhkan dan mengintegrasikannya ke dalam sistem pembelajaran,” tuturnya.

Ia pun berbagai strategi yang dapat digunakan institusi pendidikan dalam meningkatkan branding melalui LinkedIn. Pertama yang dapat dilakukan adalah memahami kebutuhan industri saat ini dengan menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja dan memperkuat visibilitas melalui promosi yang menonjolkan keunggulan institusi. Untuk mencari insight industri dapat dilakukan dengan bantuan LinkedIn. Institusi dapat melihat sebaran pekerjaan alumni, jenis pekerjaan atau skill yang sedang banyak dicari, serta data-data lainnya yang berhubungan dengan tren di pasar tenaga kerja.

Marsel mengatakan institusi pendidikan juga perlu memberikan akses ke berbagai pelatihan dan program pengembangan keterampilan, selain dengan pembelajaran di kelas. Platform seperti LinkedIn Learning dapat menjadi salah satu solusi bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuan atau mempelajari keterampilan baru di bidang teknologi, bisnis, dan industri kreatif. Dengan adanya pelatihan serta sertifikasi keahlian, mahasiswa tidak hanya lebih siap bersaing di dunia kerja tetapi juga dapat membangun personal branding yang lebih baik.

Tidak kalah penting, universitas memiliki peran penting dalam membantu lulusan menemukan peluang karir yang sesuai. Poin ini merupakan gabungan dari dua poin sebelumnya, yang menekankan mengenai bagaimana universitas dapat membantu lulusannya mendapatkan pekerjaan melalui kurikulum yang up-to-date dan menyediakan pelatihan keterampilan. Selain itu, penting bagi institusi untuk menjaga koneksi dengan jejaring alumni, serta meningkatkan visibilitas institusi untuk meningkatkan kredibilitas dan kesempatan kerja bagi mahasiswa dan lulusannya. Dengan strategi yang tepat, institusi pendidikan tidak hanya dapat memperkuat reputasi dan visibilitas di sosial media tetapi juga membangun ekosistem pendidikan yang up-to-date dan selaras dengan perkembangan dunia kerja di masa depan.

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 10 SDG 17

Views: 680
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Softskill - Interview Skill FEB UGM 2025

Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa

Berita Jumat, 14 November 2025

Kemampuan berkomunikasi efektif, memahami diri, dan menyampaikan nilai secara meyakinkan menjadi kunci sukses dalam proses wawancara kerja. Kesadaran inilah yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan Mandatory Soft Skills: Interview Skills, yang digelar Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM bersama Lutfi Anggriawan, MR 5, CFP, CHRM, Branch Office Head (Assistant Vice President) BRI Cabang Yogyakarta Cik Ditiro yang juga alumni Manajemen FEB UGM.

Lutfi, menyampaikan interview skills merupakan kemampuan kandidat untuk mempresentasikan diri dan kompetensinya secara efektif dalam proses wawancara, termasuk dalam komunikasi verbal, non-verbal, serta kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat dan terarah.

Tim Basket Putra FEB UGM

Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025

Prestasi Jumat, 14 November 2025

Tim Basket Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2025.

Pengukuhan Guru Besar Gugup Kismono

Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy

Berita Kamis, 13 November 2025

Dunia kerja masa kini tengah menghadapi tantangan besar akibat perubahan orientasi hidup generasi muda dan meningkatnya tekanan digital. Perubahan besar dalam dunia kerja ini menuntut cara pandang baru terhadap keseimbangan hidup.

Entrepreneurs Table

Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025

Berita Rabu, 12 November 2025

Kelompok LAZE, RB Nusantara, dan Bantoo dinobatkan sebagai tiga pemenang Program Pra-Inkubasi Young Entrepreneur Show! (YES!) 2025 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Berita Terkini

  • Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa
    14 November, 2025
  • Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025
    14 November, 2025
  • Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy
    13 November, 2025
  • Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025
    12 November, 2025
  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025

Agenda

  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju