• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Cara Efektif Meningkatkan Engagement di Media Sosial

  • Berita
  • 8 April 2025, 13.56
  • Oleh : shofihawa
Mohammad Ryan Saputra

Di era digital saat ini, keberhasilan dalam mengelola media sosial tidak hanya ditentukan dari seberapa sering konten dibagikan atau dipublikasikan, tetapi oleh seberapa efektif sebuah akun mampu membangun relasi yang bermakna dengan audiens. Pemahaman terhadap audiens, strategi penyusunan konten, serta pendekatan interaksi yang konsisten menjadi tiga pilar utama dalam membentuk kehadiran digital yang kuat.

Hal tersebut disampaikan oleh Social Media Strategist, sekaligus pakar Digital Marketing Mohammad Ryan Saputra membawakan materi tentang Social Media Fundamental dalam Workshop Digital Marketing dan Media Sosial pada 21 Maret 2025 di FEB UGM. Menurut Ryan, pemanfaatan media sosial saat ini tidak lagi sekadar tentang membagikan konten, melainkan juga bagaimana membangun keterlibatan dan interaksi yang berkelanjutan dengan audiens.

“Ada tiga hal fundamental dalam media sosial, yaitu audiens, konten, dan interaksi,” jelasnya Jum’at (21/3) di FEB UGM.

Kenali Audiens

Ryan menjelaskan bahwa pemahaman mendalam terhadap audiens adalah langkah awal yang krusial. Sebelum membuat konten, penting untuk mengenali siapa yang menjadi target audiens. Sebab dengan mengetahui karakteristik dan preferensi audiens akan membantu menciptakan konten yang lebih relevan dan menarik.

Lalu bagaimana agar bisa mengenal audiens dengan baik? Ryan mengatakan ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengenal audiens. Salah satunya adalah analisis data dengan mengamati pola interaksi dan menyesuaikan konten sesuai kebutuhan audiens.

Berikutnya, melalui profiling untuk mengelompokkan karakteristik audiens berdasarkan data dari media sosial. Lalu, interaksi melalui komunikasi dengan audiens baik secara online maupun offline untuk memahami ekspektasi dan preferensi mereka.

Konten Menarik

Ryan menyebutkan konten yang menarik tidak hanya tentang desain visual yang bagus, tetapi juga bagaimana pesan yang disampaikan dapat membangun keterlibatan. Beberapa strategi yang bisa diterapkan antara lain menulis seperti berbicara agar lebih mudah dipahami dan terasa lebih dekat dengan audiens, memberikan ruang kosong dalam desain sebuah konten agar lebih enak dibaca dan membuat daftar poin agar lebih ringkas.

Disamping itu, dalam membuat konten upayakan untuk menggunakan pembuka yang menarik dan membuat penasaran agar audiens tertarik mengetahui lebih lanjut. Lalu, menggunakan pendekatan kreatif dengan audiens seperti visual yang ekstrem (sangat bagus atau sangat jelek), stand point atau polarisasi, fakta yang mengejutkan, hingga menyentuh emosi.

Bangun Interaksi

Setelah konten dibuat, langkah selanjutnya adalah membangun interaksi aktif dengan audiens. Ryan menyarankan penggunaan strategi $1.80, yaitu secara konsisten memberikan komentar bermakna di berbagai konten akun lain yang relevan setiap hari.

Ryan juga membagikan dua cheat sheet yang dapat diterapkan untuk menghadirkan lebih banyak engagement. Pertama, menugaskan satu orang yang senang berinteraksi untuk membalas komentar/DM dengan cepat, membuat IG story yang memicu percakapan, serta aktif secara online dan offline, mengomentari konten akun personal atau brand yang relevan, membuat broadcast pesan yang bersifat percakapan, membuat dan melaporkan insight dari interaksi dengan audience.

Kedua, melakukan kolaborasi dengan influencer atau brand lain dengan menggunakan fitur collaborative post, saling mention, atau bahkan social media barter untuk memperluas jangkauan. Terakhir, untuk menarik audiens untuk lebih interaktif interaktif melalui call to action dan dapat memanfaatkan fitur media sosial, riding the wave, dan “game” boosting.

“Ingat, ini adalah social media. Konten dan interaksi adalah keharusan,” tutupnya.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 7 SDG 8 SDG 9 SDG 10 SDG 17

Views: 3,514
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Qisha Quarina

Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Di tengah meningkatnya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor industri, data statistik ketenagakerjaan nasional justru menunjukkan tren positif dengan  tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurunan.

Berita Terkini

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan