• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

  • Berita
  • 25 Juli 2025, 14.10
  • Oleh : shofihawa
Primastuti Indah Suryani

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer. Primastuti menekankan pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran sekaligus sarana personal branding yang efektif untuk membentuk persepsi publik terhadap suatu usaha.

“You are your own brand. Dalam membangun citra merek, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti identitas usaha, nilai unik usaha, visual yang konsisten, citra sosial, aktif menggunakan media sosial, testimoni, dan reputasi,” ujarnya.
Lebih lanjut, Primastuti menjelaskan bahwa optimasi media sosial dalam pemasaran UMKM dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah peningkatan visibilitas.

“Dengan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, informasi dapat dibagikan secara cepat, meningkatkan interaksi dengan banyak orang, meningkatkan branding promosi dengan biaya yang minim, dan menjangkau calon mitra baru lebih luas,” tambahnya.

Dalam pelatihan ini pelaku UMKM diperkenalkan berbagai fitur media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk promosi usaha, seperti Instagram Feed, WhatsApp Business, Facebook Marketplace, TikTok Shop, dan YouTube Monetization. Selain itu, peserta diajak memahami perilaku konsumen digital melalui pembuatan konten yang lebih tepat sasaran.

“Konten adalah kunci. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam konten meliputi foto produk yang menarik, caption yang mengandung unsur promosi secara soft selling, video yang sarat informasi, musik yang trending atau voice over, serta hook yang efektif,” jelas Primastuti.

Ia juga memaparkan pembuatan konten dapat dipetakan sesuai kebutuhan usaha. Misalnya, untuk brand awareness, humanizing brand, trust building, storytelling, promosi, interaksi, engagement, dan edukasi.

Dalam menyusun strategi konten, Primastuti menekankan pentingnya visual yang menarik dan konsisten, pemahaman terhadap jenis konten yang disukai audiens, serta interaksi aktif. Storytelling juga menjadi elemen penting dalam membuat caption yang kuat dan informatif.

“Beberapa tujuan konten adalah brand awareness untuk mengenali dan mengingat suatu merek, humanizing brand membuat merek lebih manusiawi dan terhubung dengan audiens secara emosional, trust building, storytelling, promo, interaksi, engagement, dan edukasi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Primastuti juga menjelaskan bagaimana menyusun strategi konten yang menarik. Mulai dari penggunaan foto yang menarik, strory telling hingga pembuatan caption.

“Gunakan foto yang menarik dengan angle yang bagus dan visual yang konsisten. Jangan lupa untuk kenali konten yang diminati oleh audiens dan jadilah interaktif. Story telling juga menjadi hal penting dalam pembuatan caption untuk memberikan soft selling secara informatif,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen FEB UGM dalam mendukung pemberdayaan ekonomi lokal melalui pendampingan UMKM yang berkelanjutan. Diharapkan, pelatihan ini dapat mendorong pelaku usaha untuk lebih adaptif dan inovatif dalam memanfaatkan media sosial guna memperluas pasar dan memperkuat eksistensi bisnis mereka di era digital.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 1 SDG 4 SDG 5 SDG 8 SDG 9 SDG 10 SDG 16 SDG 17

Views: 553
Tags: SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Ziiarah Makam FEB 2025

FEB UGM Ziarah ke Makam Pendiri Fakultas

Berita Jumat, 12 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menggelar kegiatan ziarah ke makam para dekan, guru besar dan dosen FEB UGM yang berada di Sawitsari, Kotagede, Turi, dan Umbulmartani.

Perjanjian Kerja Sama

FEB UGM dan DJP Jalin Kerja Sama Untuk Penguatan Tridarma Perguruan Tinggi

Kerja Sama Kamis, 11 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menjalin kerja sama strategis dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

FEB UGM

FEB UGM Perkuat Layanan Informasi Publik Inovatif dan Akuntabel

Berita Rabu, 10 September 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan standar layanan informasi publik di tahun 2025. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai penguatan sistem, inovasi layanan digital, dan penyediaan akses informasi yang inklusif.

PPID FEB UGM saat ini telah mengembangkan Sistem Informasi Terpadu Ekonomika dan Bisnis (SINTESIS) yang mengintegrasikan 34 layanan digital, mencakup bidang akademik, kemahasiswaan, sumber daya manusia, kerja sama, hingga pengelolaan aset.

Reuni Kafegama 2000

Reuni Perak KAFEGAMA 2000 Berikan Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa

Berita Rabu, 10 September 2025

Reuni perak Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) angkatan 2000 menjadi momen penuh makna, bukan hanya untuk bernostalgia, tetapi juga berbagi melalui pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa FEB UGM.

Berita Terkini

  • FEB UGM Ziarah ke Makam Pendiri Fakultas
    12 September, 2025
  • FEB UGM dan DJP Jalin Kerja Sama Untuk Penguatan Tridarma Perguruan Tinggi
    11 September, 2025
  • FEB UGM Perkuat Layanan Informasi Publik Inovatif dan Akuntabel
    10 September, 2025
  • Reuni Perak KAFEGAMA 2000 Berikan Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa
    10 September, 2025
  • KAFEGAMA 1995 Sampaikan Bantuan Laptop untuk Dukung Studi Mahasiswa
    10 September, 2025

Artikel Terkait

  • FEB UGM Ziarah ke Makam Pendiri Fakultas
    12 September, 2025
  • FEB UGM dan DJP Jalin Kerja Sama Untuk Penguatan Tridarma Perguruan Tinggi
    11 September, 2025
  • FEB UGM Perkuat Layanan Informasi Publik Inovatif dan Akuntabel
    10 September, 2025
  • Reuni Perak KAFEGAMA 2000 Berikan Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa
    10 September, 2025
  • KAFEGAMA 1995 Sampaikan Bantuan Laptop untuk Dukung Studi Mahasiswa
    10 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju