• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

  • Berita
  • 25 Juli 2025, 14.10
  • Oleh : shofihawa
Primastuti Indah Suryani

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer. Primastuti menekankan pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran sekaligus sarana personal branding yang efektif untuk membentuk persepsi publik terhadap suatu usaha.

“You are your own brand. Dalam membangun citra merek, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti identitas usaha, nilai unik usaha, visual yang konsisten, citra sosial, aktif menggunakan media sosial, testimoni, dan reputasi,” ujarnya.
Lebih lanjut, Primastuti menjelaskan bahwa optimasi media sosial dalam pemasaran UMKM dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah peningkatan visibilitas.

“Dengan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, informasi dapat dibagikan secara cepat, meningkatkan interaksi dengan banyak orang, meningkatkan branding promosi dengan biaya yang minim, dan menjangkau calon mitra baru lebih luas,” tambahnya.

Dalam pelatihan ini pelaku UMKM diperkenalkan berbagai fitur media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk promosi usaha, seperti Instagram Feed, WhatsApp Business, Facebook Marketplace, TikTok Shop, dan YouTube Monetization. Selain itu, peserta diajak memahami perilaku konsumen digital melalui pembuatan konten yang lebih tepat sasaran.

“Konten adalah kunci. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam konten meliputi foto produk yang menarik, caption yang mengandung unsur promosi secara soft selling, video yang sarat informasi, musik yang trending atau voice over, serta hook yang efektif,” jelas Primastuti.

Ia juga memaparkan pembuatan konten dapat dipetakan sesuai kebutuhan usaha. Misalnya, untuk brand awareness, humanizing brand, trust building, storytelling, promosi, interaksi, engagement, dan edukasi.

Dalam menyusun strategi konten, Primastuti menekankan pentingnya visual yang menarik dan konsisten, pemahaman terhadap jenis konten yang disukai audiens, serta interaksi aktif. Storytelling juga menjadi elemen penting dalam membuat caption yang kuat dan informatif.

“Beberapa tujuan konten adalah brand awareness untuk mengenali dan mengingat suatu merek, humanizing brand membuat merek lebih manusiawi dan terhubung dengan audiens secara emosional, trust building, storytelling, promo, interaksi, engagement, dan edukasi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Primastuti juga menjelaskan bagaimana menyusun strategi konten yang menarik. Mulai dari penggunaan foto yang menarik, strory telling hingga pembuatan caption.

“Gunakan foto yang menarik dengan angle yang bagus dan visual yang konsisten. Jangan lupa untuk kenali konten yang diminati oleh audiens dan jadilah interaktif. Story telling juga menjadi hal penting dalam pembuatan caption untuk memberikan soft selling secara informatif,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen FEB UGM dalam mendukung pemberdayaan ekonomi lokal melalui pendampingan UMKM yang berkelanjutan. Diharapkan, pelatihan ini dapat mendorong pelaku usaha untuk lebih adaptif dan inovatif dalam memanfaatkan media sosial guna memperluas pasar dan memperkuat eksistensi bisnis mereka di era digital.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 1 SDG 4 SDG 5 SDG 8 SDG 9 SDG 10 SDG 16 SDG 17

Views: 56
Tags: SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Qisha Quarina

Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Di tengah meningkatnya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor industri, data statistik ketenagakerjaan nasional justru menunjukkan tren positif dengan  tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurunan.

Benchmarking UNESA dan UMP

FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan benchmarking dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FEB UMP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa) pada Selasa, 22 Juli 2025 di Ruang Kertanegara FEB UGM.

Berita Terkini

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Lepas 165 Wisudawan Program Magister Periode IV
    Juli 23, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan