• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

  • Berita
  • 25 Juli 2025, 14.10
  • Oleh : shofihawa
Primastuti Indah Suryani

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer. Primastuti menekankan pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran sekaligus sarana personal branding yang efektif untuk membentuk persepsi publik terhadap suatu usaha.

“You are your own brand. Dalam membangun citra merek, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti identitas usaha, nilai unik usaha, visual yang konsisten, citra sosial, aktif menggunakan media sosial, testimoni, dan reputasi,” ujarnya.
Lebih lanjut, Primastuti menjelaskan bahwa optimasi media sosial dalam pemasaran UMKM dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah peningkatan visibilitas.

“Dengan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, informasi dapat dibagikan secara cepat, meningkatkan interaksi dengan banyak orang, meningkatkan branding promosi dengan biaya yang minim, dan menjangkau calon mitra baru lebih luas,” tambahnya.

Dalam pelatihan ini pelaku UMKM diperkenalkan berbagai fitur media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk promosi usaha, seperti Instagram Feed, WhatsApp Business, Facebook Marketplace, TikTok Shop, dan YouTube Monetization. Selain itu, peserta diajak memahami perilaku konsumen digital melalui pembuatan konten yang lebih tepat sasaran.

“Konten adalah kunci. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam konten meliputi foto produk yang menarik, caption yang mengandung unsur promosi secara soft selling, video yang sarat informasi, musik yang trending atau voice over, serta hook yang efektif,” jelas Primastuti.

Ia juga memaparkan pembuatan konten dapat dipetakan sesuai kebutuhan usaha. Misalnya, untuk brand awareness, humanizing brand, trust building, storytelling, promosi, interaksi, engagement, dan edukasi.

Dalam menyusun strategi konten, Primastuti menekankan pentingnya visual yang menarik dan konsisten, pemahaman terhadap jenis konten yang disukai audiens, serta interaksi aktif. Storytelling juga menjadi elemen penting dalam membuat caption yang kuat dan informatif.

“Beberapa tujuan konten adalah brand awareness untuk mengenali dan mengingat suatu merek, humanizing brand membuat merek lebih manusiawi dan terhubung dengan audiens secara emosional, trust building, storytelling, promo, interaksi, engagement, dan edukasi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Primastuti juga menjelaskan bagaimana menyusun strategi konten yang menarik. Mulai dari penggunaan foto yang menarik, strory telling hingga pembuatan caption.

“Gunakan foto yang menarik dengan angle yang bagus dan visual yang konsisten. Jangan lupa untuk kenali konten yang diminati oleh audiens dan jadilah interaktif. Story telling juga menjadi hal penting dalam pembuatan caption untuk memberikan soft selling secara informatif,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen FEB UGM dalam mendukung pemberdayaan ekonomi lokal melalui pendampingan UMKM yang berkelanjutan. Diharapkan, pelatihan ini dapat mendorong pelaku usaha untuk lebih adaptif dan inovatif dalam memanfaatkan media sosial guna memperluas pasar dan memperkuat eksistensi bisnis mereka di era digital.

Reportase: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals
SDG 1 SDG 4 SDG 5 SDG 8 SDG 9 SDG 10 SDG 16 SDG 17

Views: 486
Tags: SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Cultural Immersion Day

Mahasiswa Asing FEB UGM Ikuti Cultural Immersion Day di Kawasan Borobudur

Berita Selasa, 19 Agustus 2025

Asap tipis mengepul dari wajan besar berisi cairan gula cokelat pekat. Beberapa mahasiswa asing mencoba mengaduknya, lalu mencicipi potongan gula jawa yang masih hangat.

Bimo Wijayanto

Dirjen Pajak Imbau Generasi Muda Gunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas

Berita Jumat, 15 Agustus 2025

Integritas menjadi fondasi utama dalam memanfaatkan teknologi, termasuk Artificial Intelligence (AI) di era digital saat ini. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Bimo Wijayanto, S.E., Ak., M.B.A., Ph.D., dalam sesi bertajuk “Menggunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas: Mempersiapkan Mahasiswa sebagai Generasi Transparan di Era Digital Pajak dan Keuangan” di hadapan mahasiswa baru.

Dalam Sesi Inspiring Person  yang merupakan rangkaian Pionir Simfoni 2025 pada Rabu (6/8) di Plaza FEB UGM Bimo memulai dengan refleksi masa kuliahnya pada 30 tahun lalu.

Ali Alexander

Mahasiswa FEB UGM Juara 1 di International Stock Portfolio Analysis Competition 2025

Prestasi Jumat, 15 Agustus 2025

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Ali Alexander berhasil mencatatkan prestasi di ajang International Stock Portfolio Analysis Competition 2025.

Widya Paramita

Riset FEB UGM: 87% UMKM Belum Adopsi Bisnis Hijau

Berita Kamis, 14 Agustus 2025

Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang selama ini menopang lebih dari separuh perekonomian Indonesia masih  menghadapi tantangan besar dalam transisi menuju praktik bisnis ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Berita Terkini

  • Mahasiswa Asing FEB UGM Ikuti Cultural Immersion Day di Kawasan Borobudur
    19 Agustus, 2025
  • Dirjen Pajak Imbau Generasi Muda Gunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas
    15 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 di International Stock Portfolio Analysis Competition 2025
    15 Agustus, 2025
  • Riset FEB UGM: 87% UMKM Belum Adopsi Bisnis Hijau
    14 Agustus, 2025
  • Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini
    13 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Mahasiswa Asing FEB UGM Ikuti Cultural Immersion Day di Kawasan Borobudur
    19 Agustus, 2025
  • Dirjen Pajak Imbau Generasi Muda Gunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas
    15 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 di International Stock Portfolio Analysis Competition 2025
    15 Agustus, 2025
  • Riset FEB UGM: 87% UMKM Belum Adopsi Bisnis Hijau
    14 Agustus, 2025
  • Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini
    13 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Pengembangan Karsir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan