• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

FEB UGM Gelar Pelatihan Fotografi Untuk Tingkatkan Daya Tarik Produk UMKM

  • Berita
  • 22 Juli 2025, 08.46
  • Oleh : kurnia.ekaptiningrum
Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM FEB Gelar Pelatihan Fotografi Bagi UMKM

Visualisasi produk kini menjadi elemen kunci dalam pemasaran digital, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terlebih di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif dan berbasis digital, kemampuan menghadirkan citra produk yang menarik, estetis, serta komunikatif menjadi faktor yang memengaruhi minat konsumen.

Penguasaan teknik fotografi yang baik dapat meningkatkan daya tarik visual dan nilai jual produk. Dengan kemampuan ini, pelaku UMKM dapat menampilkan produknya secara profesional di berbagai platform digital. Sebagai upaya untuk mendukung UMKM dalam pemasaran digital, Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkolaborasi dengan Rumah BUMN menghadirkan pelatihan bertajuk Meningkatkan Daya Tarik Visual Produk dengan Teknik Fotografi Tepat pada Rabu, 16 Juli 2025 di FEB UGM. Pelatihan ini menghadirkan Dr. Muhammad Fajar Apriyanto, S.Sn., M.Sn., dosen sekaligus praktisi seni fotografi, yang membagikan wawasan teknis dan artistik dalam fotografi produk.

Muhammad Fajar Apriyanto menjelaskan bahwa sudut pengambilan gambar atau angle menjadi salah satu elemen kunci dalam menciptakan citra produk yang menarik. Sebab,   angle memengaruhi bagaimana objek terlihat dalam hasil gambar. Ada tiga jenis sudut utama yang dibahas yakni sudut normal (eye level), sudut tinggi (high angle), dan sudut rendah (low angle). Sudut normal diambil sejajar dengan mata manusia dan menghasilkan tampilan netral. Sudut tinggi diambil dari atas dan menciptakan kesan objek yang kecil atau tidak berdaya. Sementara itu, sudut rendah diambil dari bawah, sehingga objek tampak lebih kuat, besar, atau dominan.

Muhammad Fajar Apriyanto menyampaikan selain angle, jenis lensa juga memiliki peran penting dalam fotografi. Terdapat tiga jenis lensa berdasarkan panjang jangkauan pandangnya yakni lensa standar, lensa sudut lebar atau wide, dan lensa tele. Lensa standar memberikan hasil yang paling mendekati pandangan mata manusia. Lensa wide digunakan untuk menangkap area yang lebih luas, sementara lensa tele efektif untuk memfokuskan objek dari jarak jauh dan menghasilkan latar yang kabur (efek bokeh), yang membuat objek semakin menonjol.

Selain sudut pandang, lanjutnya, unsur artistik tak kalah penting dalam fotografi produk. Muhammad Fajar Apriyanto mengatakan bahwa dalam pendekatan still life photography, diperlukan ketelatenan, cita rasa estetika, dan kepekaan visual untuk menata produk sedemikian rupa sehingga tampak hidup dan menarik. Sentuhan seni inilah yang mampu memberikan “nyawa” pada produk, bukan sekadar sebagai objek mati, tetapi sebagai subjek visual yang membangun koneksi emosional dengan calon konsumen.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 250
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Qisha Quarina

Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Di tengah meningkatnya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor industri, data statistik ketenagakerjaan nasional justru menunjukkan tren positif dengan  tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurunan.

Berita Terkini

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
  • FEB UGM Terima Kunjungan FEB Unesa dan FEB UMP
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan