• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

FEB UGM Gelar Pelatihan Fotografi Untuk Tingkatkan Daya Tarik Produk UMKM

  • Berita
  • 22 Juli 2025, 08.46
  • Oleh : kurnia.ekaptiningrum
Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM FEB Gelar Pelatihan Fotografi Bagi UMKM

Visualisasi produk kini menjadi elemen kunci dalam pemasaran digital, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terlebih di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif dan berbasis digital, kemampuan menghadirkan citra produk yang menarik, estetis, serta komunikatif menjadi faktor yang memengaruhi minat konsumen.

Penguasaan teknik fotografi yang baik dapat meningkatkan daya tarik visual dan nilai jual produk. Dengan kemampuan ini, pelaku UMKM dapat menampilkan produknya secara profesional di berbagai platform digital. Sebagai upaya untuk mendukung UMKM dalam pemasaran digital, Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkolaborasi dengan Rumah BUMN menghadirkan pelatihan bertajuk Meningkatkan Daya Tarik Visual Produk dengan Teknik Fotografi Tepat pada Rabu, 16 Juli 2025 di FEB UGM. Pelatihan ini menghadirkan Dr. Muhammad Fajar Apriyanto, S.Sn., M.Sn., dosen sekaligus praktisi seni fotografi, yang membagikan wawasan teknis dan artistik dalam fotografi produk.

Muhammad Fajar Apriyanto menjelaskan bahwa sudut pengambilan gambar atau angle menjadi salah satu elemen kunci dalam menciptakan citra produk yang menarik. Sebab,   angle memengaruhi bagaimana objek terlihat dalam hasil gambar. Ada tiga jenis sudut utama yang dibahas yakni sudut normal (eye level), sudut tinggi (high angle), dan sudut rendah (low angle). Sudut normal diambil sejajar dengan mata manusia dan menghasilkan tampilan netral. Sudut tinggi diambil dari atas dan menciptakan kesan objek yang kecil atau tidak berdaya. Sementara itu, sudut rendah diambil dari bawah, sehingga objek tampak lebih kuat, besar, atau dominan.

Muhammad Fajar Apriyanto menyampaikan selain angle, jenis lensa juga memiliki peran penting dalam fotografi. Terdapat tiga jenis lensa berdasarkan panjang jangkauan pandangnya yakni lensa standar, lensa sudut lebar atau wide, dan lensa tele. Lensa standar memberikan hasil yang paling mendekati pandangan mata manusia. Lensa wide digunakan untuk menangkap area yang lebih luas, sementara lensa tele efektif untuk memfokuskan objek dari jarak jauh dan menghasilkan latar yang kabur (efek bokeh), yang membuat objek semakin menonjol.

Selain sudut pandang, lanjutnya, unsur artistik tak kalah penting dalam fotografi produk. Muhammad Fajar Apriyanto mengatakan bahwa dalam pendekatan still life photography, diperlukan ketelatenan, cita rasa estetika, dan kepekaan visual untuk menata produk sedemikian rupa sehingga tampak hidup dan menarik. Sentuhan seni inilah yang mampu memberikan “nyawa” pada produk, bukan sekadar sebagai objek mati, tetapi sebagai subjek visual yang membangun koneksi emosional dengan calon konsumen.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 391
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

PEOPLE PLEASER

Dampak People Pleaser terhadap Kesehatan Mental

Berita Jumat, 3 Oktober 2025

Dalam kehidupan perkuliahan, mahasiswa kerap dihadapkan pada berbagai pilihan, mulai dari ajakan hangout, nongkrong sepulang kuliah, hingga perjalanan mendadak di akhir pekan.

Prof. AGUS SARTONO

MBG Gagasan Besar dan Realita

Suara Akademisi Jumat, 3 Oktober 2025

Oleh: Prof. Dr. R. Agus Sartono, M.B.A.
Guru Besar Departemen Manajemen FEB UGM
Deputi Bidang Pendidikan dan Agama, Kemenko Kesra/PMK RI 2010-2014

Makan Bergizi Gratis atau MBG sejatinya merupakan ide yang bagus, belajar dari pengalaman di negara maju.

Novat Pugo Sambodo

Dosen FEB UGM Soroti Dampak Ekonomi Konsumsi MBDK

Berita Rabu, 1 Oktober 2025

Konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) bukan hanya ancaman bagi kesehatan, tetapi juga menjadi beban ekonomi negara. Dari risiko obesitas hingga lonjakan biaya layanan kesehatan, dampaknya meluas hingga membebani anggaran negara. 

Dosen Program Studi Ilmu Ekonomi FEB UGM, Novat Pugo Sambodo, S.E., MIDEC., mengungkapkan bahwa meskipun minuman berpemanis bisa saja dilepas ke pasar tanpa intervensi pemerintah, risikonya jauh lebih besar daripada yang dibayangkan.

Ahmad Zaki

Tantangan dan Peluang ESG Assurance dalam Audit Laporan Keberlanjutan

Berita Rabu, 1 Oktober 2025

Isu Environmental, Social, and Governance (ESG) semakin menjadi perhatian penting di dunia bisnis. Perusahaan tidak hanya dituntut menyajikan laporan keuangan yang andal, tetapi juga melaporkan upaya keberlanjutan mereka.

Berita Terkini

  • Dampak People Pleaser terhadap Kesehatan Mental
    3 Oktober, 2025
  • MBG Gagasan Besar dan Realita
    3 Oktober, 2025
  • Dosen FEB UGM Soroti Dampak Ekonomi Konsumsi MBDK
    1 Oktober, 2025
  • Tantangan dan Peluang ESG Assurance dalam Audit Laporan Keberlanjutan
    1 Oktober, 2025
  • Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa
    30 September, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju