• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

FEB UGM Gelar Pelatihan Fotografi Untuk Tingkatkan Daya Tarik Produk UMKM

  • Berita
  • 22 Juli 2025, 08.46
  • Oleh : kurnia.ekaptiningrum
Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM FEB Gelar Pelatihan Fotografi Bagi UMKM

Visualisasi produk kini menjadi elemen kunci dalam pemasaran digital, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terlebih di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif dan berbasis digital, kemampuan menghadirkan citra produk yang menarik, estetis, serta komunikatif menjadi faktor yang memengaruhi minat konsumen.

Penguasaan teknik fotografi yang baik dapat meningkatkan daya tarik visual dan nilai jual produk. Dengan kemampuan ini, pelaku UMKM dapat menampilkan produknya secara profesional di berbagai platform digital. Sebagai upaya untuk mendukung UMKM dalam pemasaran digital, Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkolaborasi dengan Rumah BUMN menghadirkan pelatihan bertajuk Meningkatkan Daya Tarik Visual Produk dengan Teknik Fotografi Tepat pada Rabu, 16 Juli 2025 di FEB UGM. Pelatihan ini menghadirkan Dr. Muhammad Fajar Apriyanto, S.Sn., M.Sn., dosen sekaligus praktisi seni fotografi, yang membagikan wawasan teknis dan artistik dalam fotografi produk.

Muhammad Fajar Apriyanto menjelaskan bahwa sudut pengambilan gambar atau angle menjadi salah satu elemen kunci dalam menciptakan citra produk yang menarik. Sebab,   angle memengaruhi bagaimana objek terlihat dalam hasil gambar. Ada tiga jenis sudut utama yang dibahas yakni sudut normal (eye level), sudut tinggi (high angle), dan sudut rendah (low angle). Sudut normal diambil sejajar dengan mata manusia dan menghasilkan tampilan netral. Sudut tinggi diambil dari atas dan menciptakan kesan objek yang kecil atau tidak berdaya. Sementara itu, sudut rendah diambil dari bawah, sehingga objek tampak lebih kuat, besar, atau dominan.

Muhammad Fajar Apriyanto menyampaikan selain angle, jenis lensa juga memiliki peran penting dalam fotografi. Terdapat tiga jenis lensa berdasarkan panjang jangkauan pandangnya yakni lensa standar, lensa sudut lebar atau wide, dan lensa tele. Lensa standar memberikan hasil yang paling mendekati pandangan mata manusia. Lensa wide digunakan untuk menangkap area yang lebih luas, sementara lensa tele efektif untuk memfokuskan objek dari jarak jauh dan menghasilkan latar yang kabur (efek bokeh), yang membuat objek semakin menonjol.

Selain sudut pandang, lanjutnya, unsur artistik tak kalah penting dalam fotografi produk. Muhammad Fajar Apriyanto mengatakan bahwa dalam pendekatan still life photography, diperlukan ketelatenan, cita rasa estetika, dan kepekaan visual untuk menata produk sedemikian rupa sehingga tampak hidup dan menarik. Sentuhan seni inilah yang mampu memberikan “nyawa” pada produk, bukan sekadar sebagai objek mati, tetapi sebagai subjek visual yang membangun koneksi emosional dengan calon konsumen.

Reportase: Orie Priscylla Mapeda Lumalan
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 326
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Bimo Wijayanto

Dirjen Pajak Imbau Generasi Muda Gunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas

Berita Jumat, 15 Agustus 2025

Integritas menjadi fondasi utama dalam memanfaatkan teknologi, termasuk Artificial Intelligence (AI) di era digital saat ini. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Bimo Wijayanto, S.E., Ak., M.B.A., Ph.D., dalam sesi bertajuk “Menggunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas: Mempersiapkan Mahasiswa sebagai Generasi Transparan di Era Digital Pajak dan Keuangan” di hadapan mahasiswa baru.

Dalam Sesi Inspiring Person  yang merupakan rangkaian Pionir Simfoni 2025 pada Rabu (6/8) di Plaza FEB UGM Bimo memulai dengan refleksi masa kuliahnya pada 30 tahun lalu.

Ali Alexander

Mahasiswa FEB UGM Juara 1 di International Stock Portfolio Analysis Competition 2025

Prestasi Jumat, 15 Agustus 2025

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Ali Alexander berhasil mencatatkan prestasi di ajang International Stock Portfolio Analysis Competition 2025.

Widya Paramita

Riset FEB UGM: 87% UMKM Belum Adopsi Bisnis Hijau

Berita Kamis, 14 Agustus 2025

Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang selama ini menopang lebih dari separuh perekonomian Indonesia masih  menghadapi tantangan besar dalam transisi menuju praktik bisnis ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Azellia Alma Shafira

Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini

Berita Rabu, 13 Agustus 2025

Bisnis yang sukses jarang lahir dari keberuntungan semata. Ia dibangun dari perencanaan yang matang, peta strategi yang jelas, dan kemampuan membaca risiko.

Berita Terkini

  • Dirjen Pajak Imbau Generasi Muda Gunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas
    15 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 di International Stock Portfolio Analysis Competition 2025
    15 Agustus, 2025
  • Riset FEB UGM: 87% UMKM Belum Adopsi Bisnis Hijau
    14 Agustus, 2025
  • Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini
    13 Agustus, 2025
  • Tim FEB UGM Juara 2 di Kompetisi Bisnis ASCEND 2025
    13 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Dirjen Pajak Imbau Generasi Muda Gunakan AI Secara Cerdas dan Berintegritas
    15 Agustus, 2025
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 di International Stock Portfolio Analysis Competition 2025
    15 Agustus, 2025
  • Riset FEB UGM: 87% UMKM Belum Adopsi Bisnis Hijau
    14 Agustus, 2025
  • Pentingnya Membangun Mindset Bisnis Sejak Dini
    13 Agustus, 2025
  • Tim FEB UGM Juara 2 di Kompetisi Bisnis ASCEND 2025
    13 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan