• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Menginformasikan Penetapan Standar Akuntansi dan Audit Melalui Riset yang Berdampak

  • Berita
  • 9 Maret 2021, 14.22
  • Oleh : Admin
WCP 2020

Rangkaian ketiga dari World Class Professor (WCP) Program 2020 berhasil digelar secara daring pada (30/10/2020) yang lalu dengan membawa tema “Impactful Research: Informing Accounting and Auditing Standard Setting”. WCP Program 2020 diadakan dengan tujuan agar para dosen atau peneliti di Indonesia dapat meningkatkan dan mengembangkan kehidupan akademik, kompetensi, juga kontribusinya terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi nasional. 

Webinar WCP Program 2020 yang ketiga ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sesi perspektif internasional dan perspektif Indonesia. Sesi perspektif internasional mengawali jalannya pelaksanaan webinar. Pada sesi panel diskusi ini, Prof. Keryn Chalmers, Presiden IAAER dan Dekan dari Swinburne Business School, Swinburne University of Technology, berperan sebagai moderator. Sebagai pembicara pertama, Prof. Ann Tarca, salah satu anggota International Accounting Standards Boards (IASB) dari University of Western Australia, membahas topik mengenai IASB dan peluang riset. Prof. Tarca menyampaikan bahwa IASB mengupayakan penerapan standar yang konsisten dan mencerminkan fundamental ekonomi dari entitas. Selain itu, IASB juga diharuskan untuk melakukan pengaturan standar berbasis bukti yang dikumpulkan dari beberapa sumber seperti stakeholders, grup konsultatif, dan staff penelitian. IASB mencari bukti dari dampak penerapan suatu standar tertentu bagi preparers, auditor, regulator, dan pasar modal.

Sesi panel diskusi berlanjut ke bahasan mengenai peran penelitian akademis dalam pengembangan auditing yang disampaikan oleh Prof. Roger Simnett, seorang guru besar akuntansi dari UNSW Sydney Business School dan CEO Australian Auditing and Assurance Standards Board. Bahasan topik pada sesi ini melingkupi program kerja IAASB yang telah bertransisi menuju strategi baru, perspektif tentang seputar penelitian, tren dalam penelitian internasional, dan respons IAASB terhadap Covid-19. Menurut Prof. Simnett, dalam memilih topik riset, akademisi dapat mencermati apa yang standard setters butuhkan karena saat ini masih sedikit riset yang merujuk pada standar dan regulasi auditing.

Pembicara terakhir dalam sesi perspektif internasional, Prof. Donna L. Street, seorang Direktur Penelitian dan Edukasi IAAER dari Accounting University of Dayton, hadir melanjutkan topik yang telah dibahas pembicara-pembicara sebelumnya tetapi lebih berfokus pada kontribusi IAAER terhadap penelitian yang menginformasikan pengaturan standar. Prof. Street menjelaskan berbagai program IAAER sebagai lembaga pendorong penelitian yang bermanfaat bagi penyusunan standar auditing dan akuntansi oleh para akademisi skala internasional. Panel diskusi perspektif internasional ini pun diakhiri dengan sesi tanya jawab untuk ketiga pembicara oleh moderator, Prof. Chalmers, dengan menembakkan beberapa pertanyaan dan juga menyampaikan pertanyaan yang telah diajukan oleh partisipan acara.

Sesi selanjutnya adalah sesi perspektif Indonesia yang dibawakan oleh Dr. Singgih Wijayana, M.Sc., dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yang juga menjabat sebagai anggota DSAK IAI sebagai moderator. Sesi panel diskusi kedua ini diisi oleh pembicara-pembicara dari anggota DSAK IAI yang juga merupakan akademisi. Yang pertama, Dr. Elvia Rosantina Shauki, S.E., M.B.A. dari departemen akuntansi Universitas Indonesia memulai sesi dengan membahas hal-hal yang dicari dan dibutuhkan jurnal maupun standard setters. Dr. Elvia menekankan bahwa temuan itu perlu lebih kritis dan lebih dari sekadar mengonfirmasi entitas pelapor telah menerapkan standar dengan baik atau tidak. Selain itu, menurutnya, suatu penelitian perlu berkontribusi pada perdebatan yang ada dan memberi masukan kepada pembuat standar.

Acara berlanjut dengan menghadirkan pembicara kedua pada sesi panel diskusi ini, yaitu Dr. Ersa Tri Wahyuni, S.E., M.Acc., seorang dosen departemen akuntansi Universitas Padjadjaran. Dalam bahasannya, Dr. Ersa membahas seputar riset seperti apa yang dibutuhkan oleh Dewan Standar di Indonesia. Menurutnya, diperlukan adanya forum diskusi antara Dewan Standar dan Akademisi yang lebih dekat dan hangat untuk bisa berkolaborasi lebih baik lagi. Terakhir, Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, S.E., M.Acc., M.Sc., dosen departemen akuntansi Universitas Airlangga menjadi pembicara ketiga pada sesi ini. Dr. Devi menyampaikan mengenai kerangka untuk menganalisis berbagai efek perlakuan akuntansi diantaranya terhadap informasi dan pasar modal pada standar yang ada. Acara webinar WCP Program 2020 yang ketiga ini pun ditutup oleh sesi tanya jawab dengan ketiga pembicara pada panel diskusi.

Reportase: Kirana Lalita Pristy/Sony Budiarso

Video https://youtu.be/Kj27sBMyPas 

Views: 174

Related Posts

Softskill - Interview Skill FEB UGM 2025

Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa

Berita Jumat, 14 November 2025

Kemampuan berkomunikasi efektif, memahami diri, dan menyampaikan nilai secara meyakinkan menjadi kunci sukses dalam proses wawancara kerja. Kesadaran inilah yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan Mandatory Soft Skills: Interview Skills, yang digelar Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM bersama Lutfi Anggriawan, MR 5, CFP, CHRM, Branch Office Head (Assistant Vice President) BRI Cabang Yogyakarta Cik Ditiro yang juga alumni Manajemen FEB UGM.

Lutfi, menyampaikan interview skills merupakan kemampuan kandidat untuk mempresentasikan diri dan kompetensinya secara efektif dalam proses wawancara, termasuk dalam komunikasi verbal, non-verbal, serta kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat dan terarah.

Tim Basket Putra FEB UGM

Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025

Prestasi Jumat, 14 November 2025

Tim Basket Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2025.

Pengukuhan Guru Besar Gugup Kismono

Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy

Berita Kamis, 13 November 2025

Dunia kerja masa kini tengah menghadapi tantangan besar akibat perubahan orientasi hidup generasi muda dan meningkatnya tekanan digital. Perubahan besar dalam dunia kerja ini menuntut cara pandang baru terhadap keseimbangan hidup.

Entrepreneurs Table

Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025

Berita Rabu, 12 November 2025

Kelompok LAZE, RB Nusantara, dan Bantoo dinobatkan sebagai tiga pemenang Program Pra-Inkubasi Young Entrepreneur Show! (YES!) 2025 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Berita Terkini

  • Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa
    14 November, 2025
  • Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025
    14 November, 2025
  • Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy
    13 November, 2025
  • Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025
    12 November, 2025
  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025

Agenda

  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju