• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Makalah Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Pelatihan Penggunaan Aplikasi SAWUT-EDU oleh PAKAR FEB UGM

  • Berita
  • 1 Mei 2022, 10.07
  • Oleh : Admin
ToT SAWUT EDU

Pada Sabtu (16/04) Pusat Kajian Akuntansi dan Regulasi (PAKAR), Laboratorium Akuntansi, Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yang juga bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia Yogyakarta mengadakan kegiatan Training of Trainer (ToT) penggunaan aplikasi SAWUT dengan tema “PSAK 112: Akuntansi Wakaf dan Aplikasi SAWUT (Sistem Akuntansi Wakaf Uang Tunai).” Kegiatan ini juga untuk pelaksanaan peluncuran SAWUT-EDU (Sistem Akuntansi Wakaf Tunai Versi Edukasi). Acara ini dilaksanakan secara luring di Auditorium lantai 8 Gedung Learning Center FEB UGM dan juga secara daring menggunakan Zoom Meetings. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh peserta mengenai akuntansi wakaf dan penggunaan aplikasi SAWUT.

Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni FEB UGM. Gumilang menyatakan bahwa Tim Peniliti ENTROPY (Enhancing the Role of Islamic Philantrophy in Alleviating the Economic Impacts of Covid-19 Outbreak) UGM yang dipimpin oleh Prof. Mahfud Sholihin, Ph.D. telah menghasilkan output berupa literature review, survei base line kepada penerima manfaat PBUT DIY, dan juga aplikasi SAWUT. SAWUT Education (SAWUT-EDU) adalah media pembelajaran yang dapat digunakan oleh para nazhir, mahasiwa, dan dosen. Gumilang menegaskan bahwa produk yang dihasilkan oleh tim peneliti ini merupakan sesuatu yang diharapkan oleh FEB UGM karena proses penelitian dan pendidikan yang dilakukan berintegrasi dengan pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Dr. Hardo Basuki , M.Soc., CSA. selaku Ketua IAI DIY menjelaskan bahwa akuntansi kedepannya akan mengalami perubahan yang signifikan. Dalam Kongres 13, IAI membuat dan merumuskan Prakarsa 6.1 yang merupakan langkah ke depan untuk akuntan Indonesia dalam menyiapkan perubahan untuk masa depan. Salah satu pernyataannya ialah IAI akan melakukan penyesuaian terhadap kurikulum pendidikan akuntansi dan pendidikan profesi yang mengakomodasi perkembangan teknologi serta disrupsi bisnis saat ini. Basuki juga menegaskan bahwa perkembangan yang ada menuntut para akuntan untuk lebih cerdas dalam berteknologi dalam mengerjakan pekerjaannya. Dengan adanya penerapan aplikasi SAWUT ini diharapkan dapat mendorong pengelolaan wakaf uang tunai agar lebih akuntabel dan transparan.

Inti dari acara ini ialah Training of Trainer (ToT) PSAK 112 yang membahas tentang akuntansi Wakaf dan Aplikasi SAWUT. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Aprilia Beta Suandi, S.E., M.Ec. selaku Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Sementara itu, pembicara dalam acara ini ialah Prof. Mahfud Sholihin, PhD selaku Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Ketua Dewan Standar Akuntansi Syaria (DSAS) IAI, dan Pengurus IAEI. Gumilang menjelaskan bahwa SAWUT-EDU dibagi menjadi 2, yaitu untuk pembelajaran pada nazhir dan pembelajaran pada mahasiswa di kelas. Perbedaan SAWUT-EDU untuk nazhir dan mahasiswa ialah pada nazhir tidak perlu melakukan penjurnalan karena data yang diinput pada formulir sudah otomatis menjadi laporan keuangan. Sementara itu, mahasiswa perlu menjurnal debit-kredit di aplikasi untuk menghasilkan laporan keuangan sebagai bentuk pembelajaran.

Gumilang juga menyatakan bahwa pada PSAK 112, pelaporan keuangan pada wakaf di yayasan, organisasi, maupun badan hukum akan menghasilkan laporan keuangan tersendiri sehingga tidak tergabung dengan laporan keuangan milik entitas.Terdapat dua jenis wakaf, yaitu permanen dan temporer uang. Transaksi dan peristiwa pada wakaf dimulai dari penyerahan asset wakaf oleh wakif, penerimaan oleh nazhir, pengelolaan aset wakaf, pengembangan aset wakaf, hingga penyaluran manfaat. Terdapat beberapa komponen laporan keuangan yang dimasukkan ke dalam SAWUT, yaitu laporan posisi keuangan, laporan rincian aset wakaf, laporan aktivitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Selanjutnya ialah pelatihan untuk menggunakan SAWUT-EDU kepada para dosen, praktisi, dan peneliti. Pelatihan ini dimulai dari pembuatan akun dan pemilihan peran yang akan dijalankan. Selanjutnya ialah melakukan input data lembaga wakaf yang ada di Indonesia. Pencatatan transaksi juga harus dilakukan sesuai dengan tanggal yang diberikan melalui menu data transaksi. Setelah data transaksi diinput, maka secara otomatis akan menjadi laporan keuangan yang sudah terintegrasi. Dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi SAWUT-EDU, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada dosen, peneliti, praktiai, nazhir, hingga mahasiswa sehingga terciptanya akuntabilitas dan transparansi dalam laporan keuangan untuk wakaf.

Reportase: Merisa Anggraini

Views: 195

Related Posts

Softskill - Interview Skill FEB UGM 2025

Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa

Berita Jumat, 14 November 2025

Kemampuan berkomunikasi efektif, memahami diri, dan menyampaikan nilai secara meyakinkan menjadi kunci sukses dalam proses wawancara kerja. Kesadaran inilah yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan Mandatory Soft Skills: Interview Skills, yang digelar Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM bersama Lutfi Anggriawan, MR 5, CFP, CHRM, Branch Office Head (Assistant Vice President) BRI Cabang Yogyakarta Cik Ditiro yang juga alumni Manajemen FEB UGM.

Lutfi, menyampaikan interview skills merupakan kemampuan kandidat untuk mempresentasikan diri dan kompetensinya secara efektif dalam proses wawancara, termasuk dalam komunikasi verbal, non-verbal, serta kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat dan terarah.

Tim Basket Putra FEB UGM

Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025

Prestasi Jumat, 14 November 2025

Tim Basket Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2025.

Pengukuhan Guru Besar Gugup Kismono

Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy

Berita Kamis, 13 November 2025

Dunia kerja masa kini tengah menghadapi tantangan besar akibat perubahan orientasi hidup generasi muda dan meningkatnya tekanan digital. Perubahan besar dalam dunia kerja ini menuntut cara pandang baru terhadap keseimbangan hidup.

Entrepreneurs Table

Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025

Berita Rabu, 12 November 2025

Kelompok LAZE, RB Nusantara, dan Bantoo dinobatkan sebagai tiga pemenang Program Pra-Inkubasi Young Entrepreneur Show! (YES!) 2025 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).

Berita Terkini

  • Alumni FEB UGM Bagian Tips Sukses Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa
    14 November, 2025
  • Tim Basket FEB UGM Raih Emas dan Perak Porsenigama 2025
    14 November, 2025
  • Prof. Gugup Kismono Dikukuhkan Guru Besar, Soroti Work Life Balance di Era Gig Economy
    13 November, 2025
  • Tiga Ide Bisnis Inovatif Mahasiswa FEB UGM Pemenang Program Pra-Inkubasi YES! 2025
    12 November, 2025
  • Milky Moo, Usaha Mahasiswa FEB UGM dengan Sentuhan Sehat dan Ramah Lingkungan
    12 November, 2025

Agenda

  • 14Nov Public Lecture: Private Equity Introduction
All Events
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Mahasiswa

  • Komunitas Mahasiswa
  • Layanan Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Pengembangan Karir
  • Paparan Internasional
  • Beasiswa
  • Magang

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

๐Ÿ’ฌ Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo ๐Ÿ‘‹
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan
[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju