• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Entrepreneurial Marketing berbasis Digitalisasi untuk Penguatan UMKM

  • Berita
  • 3 Februari 2023, 11.20
  • Oleh : Admin
Dr. Philip Alford

Dalam rangkaian programnya, Pada Selasa (28/6) International Week (iWeek) kembali melaksanakan kelas ketiga bertajuk “Small Business Entrepreneurial Marketing Facilitated by Digitalisation.” Kuliah ini diajarkan oleh Dr. Philip Alford, dosen Department of Digital & Data Driven Marketing, University of Southampton Business School. Kuliah ini dilaksanakan secara hybrid, di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dan via Zoom Meetings. Dr. Philip menginisiasi kelas dengan membahas definisi pemasaran dan pemasaran digital. Pemasaran digital merupakan pemasaran berbasis teknologi untuk menciptakan, mengirimkan, dan mempertahankan nilai kepada para pemangku kepentingan. Berdasar pemasaran digital, Dr. Philip lantas memaparkan mengenai konsep entrepreneurial marketing yang menjadi pokok pembahasan kuliah. Entrepreneurial marketing diharapkan dapat menjadi bekal pemasaran efektif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menguatkan bisnisnya setelah terdampak COVID-19.

Mengutip Morris, Schindehutte, & LaForge (2002, p. 5) entrepreneurial marketing didefinisikan sebagai: “identifikasi proaktif dan eksploitasi peluang untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan yang menguntungkan melalui pendekatan inovatif untuk manajemen risiko, pemanfaatan sumber daya, dan nilai penciptaan.” Sebuah aspek yang juga penting dipertimbangkan dalam entrepreneurial marketing adalah teknologi pemasaran atau marketing technology (martech). Dr. Philip menjelaskan bahwa dalam berwirausaha, khususnya untuk perbaikan pascapandemi, diperlukan rencana, target, dan skema yang berbasis data serta didukung dengan kanal pemasaran modern. Dalam penerapan entrepreneurial marketing, UMKM disarankan memperhatikan tujuh dimensi yaitu: keproaktivan, pengambilan resiko yang diperhitungkan, keinovativan, fokus akan peluang, pemanfaatan sumber daya, dan penciptaan nilai.

Dalam menguji kerangka kerja entrepreneurial marketing, Dr. Philip mengulik sebuah kasus bisnis UMKM bernama Bournemouth 7s Festival, sebuah ajang festival penghargaan olahraga dan musik tahunan di Inggris. Bournemouth 7s Festival menggunakan platform seperti Google Analytics, WordPress, dan WooCommerce untuk mengoptimasi website dari segi analisis statistik kunjungan dan pembelian. Bournemouth 7s Festival juga mengutilisasi media sosial untuk mendapat umpan balik dari audiens. Berangkat dari hal tersebut, Bournemouth 7s Festival mengidentifikasi masalah lalu memformulasikan penyelesaian untuk tiap-tiap masalah. Dr. Philip lantas menambahkan beberapa komponen penting dalam penerapan entrepreneurial marketing, di antaranya: pemetaan alur pelayanan kustomer, pengukuran dan matriks, identifikasi kanal pemasaran, dan pembuatan peta jurnal. Lantas, sesi kuliah diakhiri dengan diskusi dan penugasan kelompok.

Reportase: Hayfaza Nayottama

Simak video selengkapnya https://youtu.be/vnmROAPuXKQ  

Views: 389

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan