• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

OJK Bagikan Tips Memilih Asuransi Bagi Generasi Muda

  • Berita
  • 4 Oktober 2024, 18.03
  • Oleh : Admin
Eko Yunianto

Rasa aman adalah kebutuhan dasar setiap individu, terutama dalam hal kesehatan dan jiwa. Namun, kejadian tak terduga dapat terjadi kapan saja, sehingga penting untuk mengurangi dampaknya, salah satunya yaitu melalui penggunaan asuransi. Sayangnya, tak semua orang, khususnya generasi muda seperti Gen Z, memahami pentingnya penggunaan asuransi.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Daerah Istimewa Yogyakarta, Eko Yunianto membagikan sejumlah kiat yang perlu diperhatikan saat memilih produk asuransi. Sebelum memutuskan produk asuransi, masyarakat diimbau untuk memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan.

“Produk yang dipilih adalah sesuai dengan kebutuhan, bukan karena tertarik kepada promo dan hadiah yang ditawarkan atau karena terpaksa,” jelasnya dalam Kuliah Umum Literasi Keuangan dan Perkembangan Industri Asuransi yang diselenggarakan FEB UGM bekerjasama dengan OJK dan Mandiri Inhealth di Auditorium Pertamina Tower FEB UGM, Jum’at (4/10/2024).

Disamping itu, memilih agen yang profesional dan bersertifikat dalam memilih asuransi. Pastikan agen yang membantu mengurus asuransi merupakan agen profesional yang memiliki sertifikasi keagenan. Selain hal tersebut, pastikan pula agen mau dan mampu membantu serta mengurus keperluan asuransi.

Eko mengatakan dalam memilih asuransi seyogianya yang telah berizin OJK. Perusahaan yang kondisi keuangannya sehat memiliki Risk Based Capital (RBC) minimal 120%.

“Gali Informasi perusahaan asuransi untuk mengenal lebih banyak tentang kapasitas perusahaan yang akan dipilih, terutama dari pelayanan klaim,” imbuhnya.

Mengenali manfaat dan risiko produk asuransi juga menjadi langkah penting yang harus diperhatikan sebelum memilih produk asuransi. Eko mengimbau masyarakat untuk menanyakan secara rinci tentang manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan dan pengecualian jaminan yang sering menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak perusahaan pengasuransi.

Tips lain dalam berasuransi adalah dengan memastikan pengisian data dengan benar. Berikutnya, memastikan periode pembayaran premi, serta membaca dan meneliti polis dan semua lampiran yang telah diterima. Melalui langkah langkah tersebut diharapkan bisa meminimalisir kerugian saat memilih asuransi di kali pertama.

Dalam kesempatan itu Yunianto turut menjelaskan peran penting OJK dalam melindungi konsumen melalui edukasi literasi keuangan. Ia juga menekankan prinsip 2L dalam melakukan transaksi, yaitu legal dan logis. Menurutnya, dalam setiap jenis transaksi, konsumen harus memastikan transaksinya dilakukan dengan perusahaan yang legal dan masuk akal untuk menghindari risiko penipuan.

Sementara Direktur Kepatuhan Mandiri Inhealth, Marihot H. Tambunan dalam kesempatan tersebut banyak memaparkan tentang asuransi dan pengambilan dana asuransi. Ia menjelaskan bahwa setiap individu perlu melakukan pengukuran dalam menghadapi risiko. “Jika resikonya rendah, seperti sakit flu biasa maka kita tak perlu mengambil asuransi dan tabungan atau dana darurat mungkin sudah cukup. Namun jika resikonya tinggi, seperti sakit yang kritis dan berkepanjangan, asuransi merupakan solusi yang lebih tepat,” paparnya.

Dalam mengambil asuransi, lanjutnya, masyarakat perlu menentukan pilihan apakah ingin mengambil asuransi jiwa atau asuransi umum. Pada asuransi umum, seseorang hanya bisa memiliki satu polis dari satu perusahaan untuk risiko yang sama. Sedangkan pada asuransi jiwa, nasabah dapat memiliki lebih dari satu polis dari berbagai perusahaan.

“Konsumen dapat memilih antara kedua jenis asuransi ini berdasarkan kebutuhan,” jelasnya.

Di akhir paparannya Marihot menyarankan generasi muda untuk mengambil asuransi sedini mungkin. Pasalnya ada banyak keuntungan yang diperoleh jika mengambil asuransi di usia muda dibanding saat usia tua.

“Jika masih muda, preminya bisa kecil dengan tanggungan yang besar, berbeda jika kita mengambil asuransi ketika sudah tua, preminya bisa berlipat-lipat dengan tanggungan yang tak begitu besar,” jelasnya.

Reportase: Najwah Ariella Puteri
Editor: Kurnia Ekaptiningrum 

Sustainable Development Goals

SDG 3 SDG 4 SDG 17

Views: 406
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 3: Kehidupan Sehat Dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan