• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

Strategi Jitu Bagi UMKM Untuk Menangkan Pasar di Era Digital

  • Berita
  • 18 Desember 2024, 09.20
  • Oleh : Admin
Digitalisasi UMKM

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dihadapkan pada tantangan untuk tetap relevan dan menciptakan produk yang menjawab kebutuhan pasar di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen dewasa ini. Tidak sedikit UMKM yang saat ini berjuang untuk memahami strategi bisnis berbasis digital dan membangun daya saing yang kokoh.

Guna mendorong penguatan usaha bagi pelaku UMK, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM melalui Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM menyelenggarakan Pelatihan Digitalisasi Bisnis UMKM pada 19 November 2024. Dalam kesempatan tersebut mengundang CMO Sevenpreneur, Ivan Halim, B.Sc sebagai pembicara untuk menyampaikan materi bertema “Developing Good Product & Unique Selling Proposition.”

Ivan menyampaikan bahwa pelaku UMKM perlu berinovasi dan memahami kebutuhan pelanggan. Hal tersebut penting dilakukan melihat data Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia tahun 2021 yang mencatat hanya 1% UMKM di Indonesia yang mampu bertahan sampai 10 tahun. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kurangnya akses ke modal, kurangnya pengetahuan pasar, dan kurangnya keterampilan bisnis.

“Data ini juga didukung oleh fenomena bahwa 60% pengusaha Indonesia takut gagal dalam berbisnis karena takut kehilangan uang, takut tidak mampu bersaing dengan bisnis yang lebih besar, dan takut tidak dapat menemukan pelanggan,” jelasnya.

Ivan pun membagikan tips bagaimana membuat produk laku keras. Menurutnya, seorang pebisnis harus mengetahui empat kunci yang mendefinisikan Good Product/Service, yaitu keresahan, kebutuhan, keinginan, dan kebiasaan pelanggan. Dengan mengintegrasikan keempat faktor ini diharapkan dapat menciptakan sebuah bisnis yang mampu memenuhi ekspektasi pasar dan menciptakan loyalitas pelanggan.

Dalam penjualan produk perlu juga bisa untuk membedakan produk/jasa dari pesaing dengan mengidentifikasi unique selling proposition. Hal ini dilakukan untuk membuat produk memiliki ciri khas dan nilai tambah (added-value) bagi pelanggan.

“Produk yang ditawarkan harus unik dan spesifik. Artinya produk memiliki pembeda dengan kompetitor dan detail yang menarik. Cara menemukannya dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, memahami kelebihan dan kekurangan produk atau jasa, dan mengidentifikasi kompetitor,” imbuhnya.

Ia menyampaikan bahwa produk yang baik dan cocok dengan pasar (product-market fit) memiliki beberapa karakteristik yang harus diketahui oleh pebisnis semenjak awal merintis bisnisnya. Empat tanda tersebut meliputi konsumen memiliki kebutuhan yang jelas dan mendesak, konsumen bersedia membayar harga yang berarti bagi mereka, konsumen secara aktif membeli lebih banyak dan memberi tahu orang lain, serta konsumen menuntut lebih banyak fitur dan bersedia menunggu inovasi lainnya dari pebisnis.

“Dalam inovasi, teknologi itu bukan alat utama disrupsi. Menjadi tidak fokus pada customer adalah masalahnya. Make something people want,” pungkas Ivan.

Reporter: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum

Sustainable Development Goals

SDG 4 SDG 8 SDG 9 SDG 17

Views: 2,519
Tags: SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi Dan Infrastruktur SDGs

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan