• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Pendidikan
  • Program Studi
  • Program Sarjana

Perpustakaan

  • Program Sarjana
  • 23 Januari 2009, 16.10
  • Oleh : Admin

Unit Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menempati lokasi di Gedung Pusat Pembelajaran (Learning Center), lantai 2, 3, dan 4. Di lantai 2, mahasiswa dapat memanfaatkan layanan yang tersedia, antara lain:

  • Peminjaman kunci loker
  • Keanggotaan (aktivasi anggota)
  • Pengembalian peminjaman buku. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan sanksi denda sebesar Rp.5.000,00/buku/hari
  • Area belajar bersama
  • Terminal komputer untuk penelusuran koleksi

Penempatan koleksi perpustakaan yang dapat dipinjam oleh mahasiswa terdapat di lantai 3. Layanan yang tersedia di lantai 3, antara lain:

  • Layanan peminjaman buku
  • Layanan akses tugas akhir mahasiswa yang tersedia di database EBDL (Economics and Business Digital Library). Mahasiswa dapat mengakses file karya akhir mahasiswa secara full text dengan melakukan registrasi melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan.
  • Ruang diskusi. Tersedia 3 ruang diskusi yang dapat dimanfaatkan dengan waktu peminjaman ruang selama 2 jam setiap sesi. Apabila di sesi berikutnya tidak ada yang meminjam ruangan tersebut maka, peminjaman ruang dapat diperpanjang.
  • Layanan uji Turnitin
  • Layanan akses data Osiris
  • Layanan akses data Reuters
  • Layanan akses data CEIC
  • Area baca mandiri

Mahasiswa dapat memanfaatkan ruang perpustakaan di lantai 4 dengan berbagai koleksi yang tersedia, antara lain: buku-buku referensi, surat kabar, majalah/jurnal, publikasi dosen FEB UGM, BI Corner, ADB Corner, dan ruang baca santai yang dilengkapi dengan bean bags. Semua koleksi di lantai 4 tidak dipinjamkan, tetapi dapat difotokopi sesuai kebutuhan mahasiswa.

Mahasiswa dapat memanfaatkan layanan perpustakaan FEB UGM setiap hari Senin sampai dengan Jumat, jam 07.30 -19.00 WIB. Khusus hari Jumat istirahat jam 11.15-13.00 WIB. Setiap pengunjung perpustakaan diwajibkan menggunakan check poin pada menu simaster sebagai data kunjungan ke perpustakaan.

Katalog Integrasi UGM

Seluruh data koleksi buku di seluruh perpustakaan di lingkungan UGM sudah dapat ditelusur atau dicari menggunakan fasilitas katalog integrasi UGM dengan link https://opac.dev.ugm.ac.id. Mahasiswa dapat meminjam buku di beberapa perpustakaan fakultas. Jumlah buku yang dapat dipinjam di seluruh perpustakaan di lingkungan UGM sebanyak 15 judul buku. Mahasiswa dapat meminjam buku di perpustakaan FEB UGM sebanyak 3 judul, dengan lama waktu peminjaman satu minggu. Kemudian dapat diperpanjang sebanyak 2 kali melalui menu di simaster atau dapat datang langsung ke perpustakaan.

Katalog Perpustakaan FEB UGM

Perpustakaan FEB UGM mengembangkan sistem informasi untuk membantu mahasiswa dalam penelusuran buku yang berlokasi di perpustakaan FEB, termasuk perpustakaan di Program Studi Magister Manajemen (MM), Magister Ekonomi dan Pembangunan (MEP), dan Magister Akuntansi (MAKSI). Katalog Perpustakaan FEB dapat diakses melalui link https://academics.feb.ugm.ac.id/lib.

Koleksi E-Book, E-Journal, dan E-Text

Perpustakaan UGM (Perpustakaan Pusat) membelikan beberapa judul buku elektronik dari berbagai penerbit. Buku elektronik dapat diakses di laman https://lib.ugm.ac.id pada menu E-Resources. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses jurnal internasional yang dilanggan UGM pada laman tersebut. Beberapa database jurnal internasional bidang ekonomi maupun multi disiplin seperti, Ebsco, ProQuest, Emerald, JSTOR, Science Direct, Sage, dan beberapa judul jurnal yang dilanggan langsung dari penerbit dapat diakses dari lingkungan kampus maupun di luar kampus.

Statista merupakan salah satu data yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa FEB UGM. Statista berisi data pasar yang relevan dari pihak ketiga dan menyediakannya untuk pelanggannya dalam bentuk statistik dan studi. Data diperoleh dari berbagai sumber, termasuk lembaga pemerintah, seperti kantor statistik dan kementerian, organisasi internasional, lembaga riset pasar, dan jurnal perdagangan.

Selain itu, FEB UGM melanggankan buku teks elektronik (E-Text) untuk memberikan kemudahan akses pada buku utama yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan. Saat ini, buku teks elektronik yang dilanggan FEB UGM berasal dari empat penerbit yaitu Pearson, Wiley, Cengage, dan McGraw-Hill dan cara aksesnya ditautkan di Learning Management System eLok pada kelas eBooks FEB dengan link sebagai berikut https://ugm.id/AksesEbook. Layanan Teks elektronik tersebut hanya dapat di akses oleh Sivitas Akademika FEB UGM yang telah mengaktifkan akun elok dan mengajukan permohonan akses ebooks terlebih dahulu di link https://ugm.id/Izinaksesebook.

Data Osiris

Data Osiris memuat informasi keuangan, rating, estimasi pendapatan, data saham, data perusahaan di level global. Mahasiswa dapat mengakses data Osiris melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan atau mengakses secara mandiri di website https://osiris.bvdinfo.com dengan cara meminjam akun akses data mandiri melalui portal akademik mahasiswa https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs.

Data Refinitiv

Data Refinitiv dulunya bernama Data Reuters, memuat informasi data pasar global. Revinitif merupakan bagian dari London Stock Exchange. Analisa pasar modal, hasil-hasil penelitian, berita-berita, market data dan pricing untuk data industri dan komoditi. Selain itu, ada data perusahaan seperti, ESG data (ranking and ratings), competitors, ownership, dan sebagainya. Informasi yang tersedia mudah dicari dan dipahami, sehingga mudah diolah sesuai kebutuhan. Informasi yang disajikan dari hal yang umum sampai dengan informasi yang lebih detail.

Mahasiswa dapat mengakses data Reuters melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan atau mengakses secara mandiri di website https://eikon.thomsonreuters.com dengan cara meminjam akun akses data mandiri melalui portal akademik mahasiswa https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs.

Data CEIC

Data makro & mikro ekonomi yang akurat dan terpercaya dari berbagai negara dan kawasan di seluruh dunia. Dataset ini menyediakan berbagai series terkait indikator ekonomi termasuk informasi yang sulit diperoleh mengenai 18 series makroekonomi dan 14 series data tentang sektor industri. Selain itu, CEIC menyediakan berbagai series data makro ekonomi yang update setiap hari. Indonesian Premium Database menyediakan lebih kurang 334.000 seri data makroekonomi dan industri di Indonesia dari berbagai sektor dengan cakupan lengkap untuk 33 provinsi di Indonesia, bahkan tersedia data hingga tingkat kabupaten dan kota.

Mahasiswa dapat mengakses data CEIC melalui terminal komputer yang tersedia di perpustakaan atau mengakses secara mandiri di website https://insights.ceicdata.com/login# dengan cara meminjam akun akses data mandiri melalui portal akademik mahasiswa https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs.

Jumlah akun yang dapat dipinjam untuk setiap data sebanyak 2 akun, yang masing-masing terbagi dalam 3 sesi setiap hari.

Uji Turnitin

Uji kemiripan (similarity test) penulisan karya ilmiah dapat berupa naskah makalah tugas mata kuliah maupun naskah tugas akhir mahasiswa (Skripsi). Uji kemiripan banyak dikenal dengan istilah uji Turnitin. Uji kemiripan yang berlaku di FEB UGM ada dua yaitu Turnitin FSD untuk pengecekan lingkup Institusi (paper atau tugas kuliah) dan Turnitin Ithenticate untuk standar publikasi (digunakan untuk karya akhir).

  1. Uji Turnitin FSD untuk paper dan karya akhir (pra-submition Ithenticate). Mahasiswa dapat melakukan uji mandiri dengan join di kelas Turnitin FSD yang dibuka oleh perpustakaan. Informasi kelas, panduan pembuatan akun student dan cara submission dapat di akses di https://ugm.id/TurnitinFSD.
  2. Uji Turnitin Ithenticate. Turnitin Ithenticate digunakan untuk prasyarat ujian pendadaran yang dapat disubmit melalui portal akademik mahasiswa https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs login menggunakan akun SINTESIS. Program Studi S1 FEB UGM memberlakukan ketentuan yang mewajibkan penggunaan aplikasi Turnitin untuk menguji kesamaan setiap naskah yang akan diujikan pada saat pendadaran dengan menggunakan aplikasi Turnitin “Ithenticate”. Hasil uji kesamaan Ithenticate tersebut harus sudah mendapat stempel verifikasi dari perpustakaan sebelum diserahkan ke Bagian Akademik. Hasil uji kesamaan naskah skripsi di Turnitin Ithenticate yang diwajibkan adalah kurang dari atau sama dengan 20% (≤20%). Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi sebelum mengajukan submission ke Turnitin Ithenticate diharapkan telah melakukan uji Turnitin FSD secara mandiri minimal dengan hasil persentasi kurang atau sama dengan 10% untuk mendapatkan hasil Uji Turnitin Ithenticate kurang dari atau sama dengan 20% (≤20%).

Book Delivery

Mahasiswa dapat melakukan pemesanan kirim buku pada laman https://academics.feb.ugm.ac.id/portalmhs. Layanan ini sangat membantu mahasiswa dalam melakukan peminjaman koleksi terutama untuk koleksi dengan jumlah eksemplar terbatas, sehingga tidak perlu berebut cepat mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan koleksi. Pada menu layanan Book Delivery mengintegrasikan antara data mahasiswa dengan koleksi perpustakaan dan data tujuan pengiriman beserta nominal biaya jasa ekspedisi POS Indonesia. Layanan ini juga tetap dapat mengakomodir bagi mahasiswa yang hanya memanfaatkan layanan pemesanan peminjaman saja tanpa menggunakan jasa ekspedisi atau tanpa perlu membayar biaya ekspedisi.

Alur Proses Pelayanan Book Delivery sangat mudah dan dilengkapi notifikasi email. Pada Layanan ini data koleksi telah terintegrasi dengan data katalog koleksi Perpustakaan, sehingga mahasiswa dengan mudah memilih koleksi yang akan dipesan sesuai dengan data katalog Perpustakaan. Permohonan layanan akan diproses langsung saat jam buka layanan perpustakaan (Senin-Jumat, jam 07.30-19.00 WIB). Permohonan pelayanan di luar jam kerja akan dilayani saat jam buka layanan pada hari kerja berikutnya. Pengiriman dilakukan pada hari yag sama jika pesanan diproses sebelum jam 3. Pemesanan di atas jam 3 akan dikirim hari berikutnya.

Pada menu Layanan Book Delivery selain menu pemesanan kirim peminjaman juga dilengkapi menu pengembalian pinjaman secara delivery juga. Pengembalian koleksi menggunakan layanan Book Delivery hanya cukup melakukan pengisian konfirmasi pengembalian di sistem dengan mengunggah bukti pemesanan ekspedisi. Ketika buku sudah diterima oleh Petugas Perpustakaan akan ada notifikasi bahwa proses layanan Book Delivery telah selesai dan buku akan diproses kembali oleh petugas.

Views: 1,774

Related Posts

Hiram Ting

Prof Hiram Ting Serukan Transformasi Pariwisata Bertanggung Jawab

Berita Jumat, 8 Agustus 2025

Istilah pariwisata berkelanjutan (responsibility tourism) dan pariwisata hijau (green tourism) sering digunakan dalam dunia bisnis, khususnya dalam industri pariwisata. Presiden Responsible Borneo (Reborn), Prof. Dr.

Elizabeth Christy Go

Alumni FEB UGM Bagikan Tips Bertumbuh dan Bangun Karier 

Berita Jumat, 8 Agustus 2025

Rangkaian Pionir Sosialisasi dan Inisiasi Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (Simfoni) menggelar Sesi Pembelajaran Mahasiswa (SPM) untuk mahasiswa baru FEB UGM tahun 2025 pada Rabu (6/8) di Plaza FEB UGM.

Duck syndrome

Mengenal Fenomena Duck Syndrome di Kalangan Mahasiswa

Berita Jumat, 8 Agustus 2025

Di lingkungan kampus yang penuh semangat dan pencapaian, ada satu fenomena yang sering tak terlihat, namun diam-diam dirasakan banyak mahasiswa yaitu duck syndrome.

Abang Edwin Syarif Agustin

Meningkatkan Nilai Jual Produk dengan Desain yang Menarik 

Berita Kamis, 7 Agustus 2025

Ketika dihadapkan dengan dua produk yang sama-sama baru, mana yang lebih menarik untuk dipilih, produk dengan tampilan visual yang menarik atau yang tampak biasa saja? Sebagian besar orang akan cenderung memilih produk dengan tampilan visual yang lebih menarik.

Berita Terkini

  • Prof Hiram Ting Serukan Transformasi Pariwisata Bertanggung Jawab
    8 Agustus, 2025
  • Alumni FEB UGM Bagikan Tips Bertumbuh dan Bangun Karier 
    8 Agustus, 2025
  • Mengenal Fenomena Duck Syndrome di Kalangan Mahasiswa
    8 Agustus, 2025
  • Meningkatkan Nilai Jual Produk dengan Desain yang Menarik 
    7 Agustus, 2025
  • Kurangi Sampah Plastik, FEB UGM Bagi 586 Lunch Box Bagi Mahasiswa Baru
    6 Agustus, 2025

Artikel Terkait

  • Prof Hiram Ting Serukan Transformasi Pariwisata Bertanggung Jawab
    8 Agustus, 2025
  • Alumni FEB UGM Bagikan Tips Bertumbuh dan Bangun Karier 
    8 Agustus, 2025
  • Mengenal Fenomena Duck Syndrome di Kalangan Mahasiswa
    8 Agustus, 2025
  • Meningkatkan Nilai Jual Produk dengan Desain yang Menarik 
    7 Agustus, 2025
  • Kurangi Sampah Plastik, FEB UGM Bagi 586 Lunch Box Bagi Mahasiswa Baru
    6 Agustus, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan