FEB UGM Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik
- Detail
- Ditulis oleh Kurnia
- Kategori: Berita
- Dilihat: 425
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkomitmen kuat meningkatkan kualitas layanan informasi publik. Hal tersebut sejalan dengan upaya UGM dalam mendorong transparansi dan keterbukaan informasi.
Berbagai inovasi telah dikembangkan FEB UGM guna mendukung kemudahan akses, layanan informasi yang efektif dan transparan bagi seluruh civitas akademika FEB. Salah satu inovasi layanan tersebut adalah digitalisasi layanan dan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi.
FEB UGM telah mengembangkan platform daring yaitu Sistem Informasi Terpadu Ekonomika dan Bisnis (SINTESIS) untuk mempermudah akses informasi, meningkatkan transparansi, dan mendorong partisipasi publik. Platform ini juga wujud pengembangan ekosistem data yang terintegrasi. Ada 34 sistem sistem informasi layanan yang terintegrasi dalam SINTESIS antara lain terkait bidang akademik, kemahasiswaan, SDM, kerja sama hingga aset.
Tak hanya itu, FEB UGM juga mengembangkan pelayanan terpadu satu pintu berupa information center. Di information center ini terdapat petugas layanan dari lintas unit kerja FEB UGM. Dengan adanya information center ini menjadikan layanan bisa dijalankan dengan lebih efektif kepada publik. Berikutnya, integrasi layanan secara daring dengan laman PPID UGM, Alumni UGM dan sistem informasi lainnya di luar FEB UGM serta penyediaan layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas.
Sebagai upaya menilai implementasi keterbukaan informasi publik di lingkungan UGM, PPID UGM melakukan monitoring and evaluation (monev) internal pada Selasa, 1 Oktober 2024 ke sejumlah PPID Pelaksana di lingkungan UGM termasuk PPID Pelaksana FEB UGM.
Monev internal dipimpin oleh Sekretaris Universitas sekaligus PPID Utama UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M. Kunjungan diterima langsung oleh Wakil Dekan FEB UGM Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D., di ruang PPID Pelaksana FEB UGM.
PPID Utama UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M., menyampaikan pelaksanaan monev internal ke PPID Pelaksana dilakukan sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas layanan informasi di UGM secara menyeluruh. Selain itu, monev internal dilakukan sebagai upaya untuk memastikan layanan informasi publik di UGM, termasuk FEB telah menjalankan fungsinya dengan baik dan mengikuti standar yang ditetapkan Komisi Informasi Pusat (KIP)RI. Selain itu monev internal dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan e-monev keterbukaan informasi publik oleh KIP RI.
“Kami mohon dukungan PPID Pelaksana termasuk FEB UGM untuk dapat menunjukkan apa yang telah dilakukan atau diimplementasikan dalam mendukung keterbukaan informasi publik,” ucapnya.
Andi mengatakan sebelumnya UGM dalam lima tahun terakhir UGM meraih predikat Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat RI. Pada tahun 2023 UGM berhasil masuk dalam dua besar Badan Publik Terbaik Nasional kategori Perguruan Tinggi Negeri.
Sementara Wakil Dekan FEB UGM Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan kesiapan FEB UGM mendukung peningkatan layanan keterbukaan informasi publik di lingkungan UGM. FEB UGM berkomitmen kuat untuk menyediakan layanan informasi yang akuntabel dan berkualitas, serta mendukung tercapainya transparansi informasi yang lebih baik di lingkungan akademik.
“FEB UGM berkomitmen penuh untuk meningkatkan kualitas layanan informasi yang transparan, akuntabel, dan efektif bagi publik,” tegasnya.
Melalui kegiatan monev internal ini, ia berharap FEB UGM dapat semakin meningkatkan kualitas layanan dalam menyediakan informasi bagi publik. Dengan begitu, FEB UGM dapat berkontribusi optimal dalam mendukung visi UGM menjadi penyedia informasi publik UGM yang kredibel dan inovatif.
Reportase: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals