• Tentang UGM
  • SIMASTER
  • SINTESIS
  • Informasi Publik
  • SDGs
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  •  Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Sejarah Pendirian
    • Misi dan Visi
    • Nilai-Nilai
    • Pimpinan Fakultas
    • Pimpinan Senat
    • Pimpinan Departemen
    • Pimpinan Program Studi
    • Pimpinan Unit
    • Dewan Penasihat Fakultas
    • Laporan Tahunan
    • Fasilitas Kampus
    • Identitas Visual
    • Ruang Berita
    • Dies Natalis ke-70
  • Program Akademik
    • Program Sarjana
    • Program Magister
    • Program Doktor
    • Program Profesi
    • Program Akademik Singkat
    • Program Profesional & Sertifikasi
    • Program Sarjana Internasional (IUP)
    • International Doctorate in Business (IDB)
    • Kalender Akademik
    • Ruang dan Kegiatan
  • Fakultas & Riset
    • Keanggotaan Fakultas
    • Akreditasi Fakultas
    • Jaringan Internasional
    • Dosen
    • Profesor Tamu dan Rekan Peneliti
    • Staf Profesional
    • Publikasi
    • Jurnal Yang Diterbitkan
    • Kertas Kerja
    • Bidang Kajian
    • Unit Pendukung
    • Kemitraan Konferensi Internasional
    • Call for Papers
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Perpustakaan
  • Pendaftaran
  • Home
  • Berita

FEB UGM Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik

  • Berita
  • 3 Oktober 2024, 13.44
  • Oleh : Admin
Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berkomitmen kuat meningkatkan kualitas layanan informasi publik. Hal tersebut sejalan dengan upaya UGM dalam mendorong transparansi dan keterbukaan informasi.

Berbagai inovasi telah dikembangkan FEB UGM guna mendukung kemudahan akses, layanan informasi yang efektif dan transparan bagi seluruh civitas akademika FEB. Salah satu inovasi layanan tersebut adalah digitalisasi layanan dan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi.

FEB UGM telah mengembangkan platform daring yaitu Sistem Informasi Terpadu Ekonomika dan Bisnis (SINTESIS) untuk mempermudah akses informasi, meningkatkan transparansi, dan mendorong partisipasi publik. Platform ini juga wujud pengembangan ekosistem data yang terintegrasi. Ada 34 sistem sistem informasi layanan yang terintegrasi dalam SINTESIS antara lain terkait bidang akademik, kemahasiswaan, SDM, kerja sama hingga aset.

Tak hanya itu, FEB UGM juga mengembangkan pelayanan terpadu satu pintu berupa information center. Di information center ini terdapat petugas layanan dari lintas unit kerja FEB UGM. Dengan adanya information center ini menjadikan layanan bisa dijalankan dengan lebih efektif kepada publik. Berikutnya, integrasi layanan secara daring dengan laman PPID UGM, Alumni UGM dan sistem informasi lainnya di luar FEB UGM serta penyediaan layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Sebagai upaya menilai implementasi keterbukaan informasi publik di lingkungan UGM, PPID UGM melakukan monitoring and evaluation (monev) internal pada Selasa, 1 Oktober 2024 ke sejumlah PPID Pelaksana di lingkungan UGM termasuk PPID Pelaksana FEB UGM.

Monev internal dipimpin oleh Sekretaris Universitas sekaligus PPID Utama UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M. Kunjungan diterima langsung oleh Wakil Dekan FEB UGM Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D., di ruang PPID Pelaksana FEB UGM.

PPID Utama UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M., menyampaikan pelaksanaan monev internal ke PPID Pelaksana dilakukan sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas layanan informasi di UGM secara menyeluruh. Selain itu, monev internal dilakukan sebagai upaya untuk memastikan layanan informasi publik di UGM, termasuk FEB telah menjalankan fungsinya dengan baik dan mengikuti standar yang ditetapkan Komisi Informasi Pusat (KIP)RI. Selain itu monev internal dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan e-monev keterbukaan informasi publik oleh KIP RI.

“Kami mohon dukungan PPID Pelaksana termasuk FEB UGM untuk dapat menunjukkan apa yang telah dilakukan atau diimplementasikan dalam mendukung keterbukaan informasi publik,” ucapnya.

Andi mengatakan sebelumnya UGM dalam lima tahun terakhir UGM meraih predikat Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat RI. Pada tahun 2023 UGM berhasil masuk dalam dua besar Badan Publik Terbaik Nasional kategori Perguruan Tinggi Negeri.

Sementara Wakil Dekan FEB UGM Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan kesiapan FEB UGM mendukung peningkatan layanan keterbukaan informasi publik di lingkungan UGM. FEB UGM berkomitmen kuat untuk menyediakan layanan informasi yang akuntabel dan berkualitas, serta mendukung tercapainya transparansi informasi yang lebih baik di lingkungan akademik.

“FEB UGM berkomitmen penuh untuk meningkatkan kualitas layanan informasi yang transparan, akuntabel, dan efektif bagi publik,” tegasnya.

Melalui kegiatan monev internal ini, ia berharap FEB UGM dapat semakin meningkatkan kualitas layanan dalam menyediakan informasi bagi publik. Dengan begitu, FEB UGM dapat berkontribusi optimal dalam mendukung visi UGM menjadi penyedia informasi publik UGM yang kredibel dan inovatif.

Reportase: Kurnia Ekaptiningrum 

Sustainable Development Goals

SDG 10 SDG 16 SDG 17

Views: 259
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan Dan Kelembagaan Yang Tangguh SDG 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan

Related Posts

Apia Dewi Agustin

Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM

Wisuda Sabtu, 26 Juli 2025

Masih ingat dengan Apia Dewi Agustin? Namanya sempat mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu karena kisah inspiratifnya. Gadis yang berasal dari sebuah pelosok desa di Kab.

Primastuti Indah Suryani

Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Membangun merek dan menjangkau konsumen kini tidak lagi mengandalkan promosi konvensional. Media sosial saat ini telah menjadi kanal utama dalam membentuk citra usaha. Melalui pelatihan bertema “Optimasi Sosial Media dengan Pembuatan Konten”, FEB UGM mendorong pelaku UMKM melakukan optimasi media sosial untuk dengan pengembanagn strategi konten yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas UMKM.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM pada 17 Juli 2025 di FEB UGM ini menghadirkan Primastuti Indah Suryani, M.Si., M.M., selaku content creator dan digital marketing trainer.

Field Trip GSW 2025

GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta

Berita Jumat, 25 Juli 2025

Suara denting logam menggema di sebuah workshop kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Di atas landasan besi, lempengan perak ditempa perlahan oleh tangan-tangan terampil. Sementara di sudut lain asap patri mengepul halus, berpadu dengan aroma logam panas yang menguar di udara.

Pemandangan ini menjadi pengalaman berkesan bagi Ali Matough Ali Essa, mahasiswa University of Glasgow, Inggris.

Andar Danova L Goeltom

Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia

Berita Kamis, 24 Juli 2025

Perubahan besar tengah terjadi di industri pariwisata global. Wisatawan saat ini, terutama generasi muda dan wisatawan internasional, semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari aktivitas perjalanan mereka.

Berita Terkini

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025

Artikel Terkait

  • Kisah Apia, Penerima Beasiswa PMDSU Jadi Lulusan Terbaik Magister Sains Akuntansi FEB UGM
    Juli 26, 2025
  • Optimasi Media Sosial Tingkatkan Visibilitas UMKM
    Juli 25, 2025
  • GSW 2025 Ajak Mahasiswa Asing Belajar Dunia Industri dan Seni di Yogyakarta
    Juli 25, 2025
  • Green Jobs dan Kurikulum Hijau, Kunci Masa Depan Pariwisata Indonesia
    Juli 24, 2025
  • Tingkat Pengangguran Menurun, Dosen FEB UGM Sebut Pekerjaan Layak Masih Jadi PR
    Juli 24, 2025
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jln. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281

Peta & Arah
Informasi Kontak Selengkapnya

Departemen

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen

Direktori Fakultas

  • Informasi Publik
  • Manajemen Ruang
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Makam

Alumni

  • Komunitas Alumni
  • Layanan Alumni
  • Pelacakan Studi
  • Pekerjaan & Magang
  • Beasiswa

Social Media

© 2025 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Kebijakan PrivasiPeta Situs

💬 Butuh bantuan?
1
FEB UGM Official WhatsApp
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?
Buka percakapan