Program Sarjana
Setiap mahasiswa wajib menulis dan mengumpulkan skripsi sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademik jenjang sarjana. Dalam hal ini, skripsi merujuk pada suatu karya ilmiah yang memuat hasil penelitian/riset dan/atau studi pustaka yang dilakukan melalui proses bimbingan dengan dosen. Karya ilmiah tersebut dapat berupa hasil studi empiris (empirical work), tinjauan kritis (critical survey), atau kombinasi dari keduanya.
Penulisan skripsi bertujuan melatih mahasiswa untuk melakukan kegiatan riset dan mendorong studi independen oleh mahasiswa. Secara khusus, penulisan skripsi dapat menjadi proses bagi mahasiswa untuk mengembangkan beberapa kemampuan seperti:
- kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan melakukan kegiatan riset tentang topik yang terkait dengan bidang minat;
- kemampuan untuk melakukan penalaran kritis dan perumusan cara penyelesaian;
- kemampuan untuk mengaplikasikan pemahaman teknik dan metode analitis;
- kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak (software) atau teknologi yang menunjang kegiatan riset akademik; dan
- kemampuan untuk melakukan penulisan laporan riset yang sesuai dengan kaidah akademik.
Persyaratan Penulisan Skripsi
Untuk dapat melakukan penulisan skripsi, berikut adalah persyaratan akademik yang harus dipenuhi oleh mahasiswa.
- Mahasiswa terdaftar aktif/heregristrasi pada semester berjalan.
- Mahasiswa telah menyelesaikan studi sekurang-kurangnya pada semester 6 dengan 132 SKS.
- Mahasiswa memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,50.
- Mahasiswa telah lulus mata kuliah metodologi penelitian (dengan nilai C). Syarat nilai ini juga berlaku sampai saatnya pendaftaran ujian skripsi (mengacu pada bab ketentuan ujian akhir).
- Mahasiswa telah menyelesaikan mata kuliah seminar (bagi mahasiswa dari program studi Sarjana Manajemen).
Kurikulum Program Sarjana (Reguler) - Program Studi Ilmu Ekonomi
Berdasarkan Kurikulum: Tahun 2024 | Tahun 2022 | Tahun 2018
Semester 1 | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Mata Kuliah | SKS | SKS Wajib | Jenis | Prasyarat | Silabus |
AKU1601 | Pengantar Akuntansi | 3 | 3 | W | ||
BDU1105 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | W | ||
BDU1107 | Bahasa Inggris I | 3 | 3 | W | ||
EKO1101 | Pengantar Ekonomi I | 3 | 3 | W | ||
EKO1104 | Matematika Ekonomi I | 3 | 3 | W | ||
EKO1108 | Statistika Ekonomi I | 3 | 3 | W | ||
MAN1501 | Bisnis Pengantar | 3 | 3 | W | ||
UNU1000 | Pendidikan Agama | 2 | 2 | W | ||
Subtotal Semester 1 | 21 | 21 | ||||
Semester 2 | ||||||
EKO1102 | Pengantar Ekonomi II | 3 | 3 | W | EKO1101>=C | |
EKO1107 | Matematika Ekonomi II | 3 | 3 | W | EKO1104>=C | |
EKO1109 | Matematika Logika | 3 | 3 | W | ||
EKO1501 | Hukum Pengantar | 3 | 3 | W | ||
EKO2102 | Statistika Ekonomi II | 3 | 3 | W | EKO1108>=C | |
EKO3102 | Pendidikan Agama II | 2 | 2 | W | UNU1000>=C | |
Mata Kuliah Pilihan 1* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 2* | 3 | P | ||||
Subtotal Semester 2 | 23 | 17 | ||||
Semester 3 | ||||||
EKO1103 | Sosiologi Ekonomi | 3 | 3 | W | ||
EKO1105 | Mikroekonomika 1 | 3 | 3 | W | EKO1102>=C | |
EKO1106 | Makroekonomika 1 | 3 | 3 | W | EKO1101>=C, EKO1104>=C | |
UNU1100 | Pancasila | 2 | 2 | W | ||
UNU3000 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | W | ||
Mata Kuliah Pilihan 3* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 4* | 3 | P | ||||
Subtotal Semester 3 | 19 | 13 | ||||
Semester 4 | ||||||
EKO2101 | Mikroekonomika 2 | 3 | 3 | W | EKO1106>=C | |
EKO2111 | Makroekonomika 2 | 3 | 3 | W | EKO1105>=C | |
EKO2112 | Ekonometrika I | 3 | 3 | W | EKO2102>=C, EKO1107>=C, EKO1106>=C, EKO1105>=C | |
EKO2201 | Ekonomika Publik I | 3 | 3 | W | EKO1105>=C, EKO1106>=C | |
EKO2301 | Ekonomika Internasional I | 3 | 3 | W | EKO1105>=C, EKO1106>=C | |
EKO2401 | Ekonomika Moneter I | 3 | 3 | W | EKO1105>=C, EKO1106>=C | |
EKO2601 | Ekonomika Pembangunan I | 3 | 3 | W | EKO1105>=C, EKO1106>=C | |
Subtotal Semester 4 | 21 | 21 | ||||
Semester 5 | ||||||
EKO2202 | Ekonomika Publik II | 3 | 3 | W | EKO2201>=C | |
EKO2302 | Ekonomika Internasional II | 3 | 3 | W | EKO2301>=C | |
EKO2402 | Ekonomika Moneter II | 3 | 3 | W | EKO2401>=C | |
EKO2602 | Ekonomika Pembangunan II | 3 | 3 | W | EKO2601>=C | |
EKO3101 | Sejarah Pemikiran Ilmu Ekonomi | 3 | 3 | W | EKO1105>=C, EKO1106>=C | |
EKO3104 | Perekonomian Indonesia | 3 | 3 | W | EKO2601>=C | |
EKO3115 | Ekonometrika II | 3 | 3 | W | EKO2112>=C | |
Subtotal Semester 5 | 21 | 21 | ||||
Semester 6 | ||||||
EKO3105 | Metodologi Penelitian | 3 | 3 | W | EKO3114>=C | |
EKO3114 | Workshop Teori Ekonomi | 3 | 3 | W | EKO2101>=C and EKO2111>=C | |
Mata Kuliah Pilihan 5* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 6* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 7* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 8* | 3 | P | ||||
Subtotal Semester 6 | 18 | 6 | ||||
Semester 7 | ||||||
EKO3702 | Workshop Ekonomika Pembangunan | 3 | 3 | W | EKO2602>=C | |
EKO3703 | Workshop Ekonomika Moneter | 3 | 3 | W | EKO2402>=C | |
EKO3705 | Workshop Ekonomika Internasional | 3 | 3 | W | EKO2302>=C | |
EKO3706 | Workshop Ekonomika Publik | 3 | 3 | W | EKO2202>=C | |
Mata Kuliah Pilihan 9* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 10* | 3 | P | ||||
Mata Kuliah Pilihan 11* | 3 | P | ||||
Subtotal Semester 7 | 12 | 3 | ||||
Semester 8 | ||||||
EKO3705 | Skripsi | 6 | 6 | W | (EKO3701>D or EKO3702>D or EKO3703>D or EKO3705>D or EKO3706>D) and IPK>=2.00 and SKS>=132 and EKO3105>=C |
|
UNU222001 | KKN-PPM | 4 | 4 | W | SKS>=90 and IPK>=2.00 | |
UNU222002 | Komunikasi Masyarakat | 2 | 2 | W | ||
UNU222004 | Penerapan Manajemen Pengetahuan | 2 | 2 | W | ||
Subtotal Semester 8 | 14 | 14 | ||||
Total SKS Mata Kuliah Wajib | 117 | |||||
Total SKS Mata Kuliah Pilihan | 33 | |||||
Total SKS Semester 1-8 | 150 |
Catatan: Mahasiswa dapat mengambil sks hingga 24 SKS jika mereka memiliki IPK min 3,75
Daftar Mata Kuliah Pilihan Pada Semester 2
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Tipe | Prasyarat | Silabus |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | AKU1401 | Pengantar Sistem Informasi | 3 | |||
2 | AKU3502 | Akuntansi Sektor Publik | 3 | |||
3 | MAN1401 | Metode Kualitatif dan Penentuan Keputusan | 3 | |||
4 | MAN1502 | Manajemen | 3 | |||
5 | MAN2101 | Manajemen Keuangan I | 3 | |||
6 | MAN3510 | Kewirausahaan | 3 |
Daftar Mata Kuliah Pilihan Pada Semester 3
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Tipe | Prasyarat | Silabus |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | AKU2402 | Sistem dan Teknologi Informasi | 3 | |||
2 | MAN2102 | Manajemen Keuangan II | 3 | |||
3 | MAN3103 | Teori Portfolio dan Analisis Investasi | 3 | |||
4 | MAN3305 | Manajemen Stratejik | 3 | |||
5 | MAN4512 | Komunikasi dan Negosiasi Bisnis | 3 |
Daftar Mata Kuliah Pilihan Pada Semester 6 dan Semester 7
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Tipe | Prasyarat | Silabus |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | EKO2154 | Fikih Ekonomika dan Bisnis | 3 | |||
2 | EKO2501 | Ekonomika Bisnis I | 3 | |||
3 | EKO3112 | Ekonomika Islam | 3 | |||
4 | EKO3113 | Islam dan Pembangunan Ekonomi | 3 | |||
5 | EKO3501 | Ekonomika Industri | 3 | |||
6 | EKO3707 | Ekonomika Pertanian dan Perdesaan | 3 | |||
7 | EKO4201 | Ekonomika Lingkungan | 3 | |||
8 | EKO4204 | Ekonomika Kesehatan | 3 | |||
9 | EKO4301 | Ekonomika ASEAN | 3 | |||
10 | EKO4302 | Bisnis Internasional | 3 | |||
11 | EKO4401 | Bank dan Lembaga Keuangan | 3 | |||
12 | EKO4402 | Kebanksentralan | 3 | |||
13 | EKO4403 | Ekonomika Finansial | 3 | |||
14 | EKO4404 | Sistem dan Lembaga Keuangan Syariah | 3 | |||
15 | EKO4601 | Ekonomika Sumberdaya Alam dan Energi | 3 | |||
16 | EKO4603 | Teori Permainan | 3 | |||
17 | EKO4604 | Perencanaan Pembangunan | 3 | |||
18 | EKO4605 | Ekonomika Regional dan Perkotaan | 3 | |||
19 | EKO4607 | Ekonomika Pendidikan | 3 | |||
20 | EKO4608 | Ekonomika Ketenagakerjaan | 3 | |||
21 | EKO4609 | Islam dan Kebijakan Moneter | 3 | |||
22 | EKO4703 | Dasar-Dasar Penilaian Properti | 3 | |||
23 | EKO4704 | Perbandingan Sistem Ekonomi | 3 | |||
24 | EKO4706 | Ekonomika Eksperimen | 3 | |||
25 | EKO4707 | Ekonomi Koperasi | 3 |
Persyaratan Minimal Lulus
Sesuai dengan Kebijakan Akademik tentang Persyaratan Nilai Minimal dan Ketentuan Umum Pendaftaran Ujian Skripsi dan Komprehensif bagi Mahasiswa Sarjana FEB UGM Angkatan 2017 dan sebelumnya Nomor 5721/FEB/AKM/DI/2019 tertanggal 12 Agustus 2019 dan Kebijakan Akademik Nomor 5348/FEB/AKM/DI/2019 tertanggal 12 Agustus 2019 tentang Persyaratan nilai Minimal untuk Mengikuti Ujian Skripsi dan Komprehensif, serta buku panduan akademik program Sarjana tahun 2020, persyaratan minimal nilai lulus diatur sebagai berikut.
- Mahasiswa Angkatan 2018 dan sesudahnya harus memiliki nilai minimal C untuk seluruh mata kuliah wajib, pilihan, dan nilai ujian skripsi.
- Mahasiswa Angkatan 2017 dan sebelumnya harus memiliki nilai minimal C- untuk seluruh mata kuliah wajib, pilihan, dan nilai ujian skripsi.
Mahasiswa yang telah lulus seluruh mata kuliah wajib dan pilihan sesuai dengan aturan akademik Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dapat mendaftarkan diri untuk menempuh ujian akhir. Ujian akhir terdiri dari dua tahap, yaitu ujian skripsi dan ujian komprehensif/teori. Ujian skripsi sudah didesain sedemikian rupa untuk mengukur keahlian dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan amatan/riset sederhana yang telah diatur oleh masing-masing program studi sarjana di FEB UGM. Ujian teori/komprehensif mahasiswa Program Reguler Sarjana Akuntansi ditempuh dengan skema UKBK (Ujian Komprehensif Berbasis Komputer).
Mahasiswa prodi Sarjana Akuntansi Program Internasional (IUP) menempuh ujian teori/komprehensif bersamaan dengan ujian skripsi. Mahasiswa prodi Sarjana Ilmu Ekonomi tidak menempuh ujian teori/komprehensif, syarat kelulusan berupa lulus ujian skripsi. Penerapan ketentuan ini dilaksanakan sejak bulan Januari 2020 untuk program Sarjana Reguler dan program Sarjana Internasional (IUP), sedangkan mahasiswa prodi Sarjana Manajemen menempuh ujian teori/komprehensif bersamaan dengan ujian skripsi. Ketentuan tersebut berlaku untuk kedua program Sarjana di prodi Sarjana Manajemen (Program Reguler dan IUP).
Untuk menunjang kapabilitas mahasiswa di era yang kompetitif, FEB UGM sadar bahwa hard skill saja tidaklah cukup. Mahasiswa perlu dibekali dengan soft skill untuk menunjang potensi dan kapabilitas mereka. FEB UGM telah mengimplementasikan Soft Skil Wajib (mandatory soft skills) mulai tahun 2018. Dalam kurikulum FEB UGM, mandatory soft skill merupakan program pengembangan diri mahasiswa yang bersifat wajib dan merupakan prasyarat bagi mahasiswa FEB UGM untuk mengikuti Ujian Akhir Semester.
Adapun program soft skill wajib terdiri dari 4 seri, antara lain:
- Writing skill: Antiplagiarisme dan Tata Tulis, yang berisi tentang :
- Karakteristik sukses dalam menulis
- Struktur penulisan yang baik (unduh: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah)
- Mengekspresikan ide dalam penulisan secara tepat
- Integritas dan plagiarisme (unduh: Pedoman Anti Plagiarism)
- Writing skill: Penggunaan MS Word, PPT, dan Reference Manager, yang berisi tentang :
- Manajemen Referensi (unduh: Pedoman Zotero)
- Pengelolaan Dokumen Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata (unduh: Pedoman Mengelola Dokumen Menggunakan Ms Word)
- Presentation Skill, yang berisi tentang :
- Persiapan diri sebelum presentasi
- Isi presentasi
- Penyampaian ide dalam presentasi dengan menarik
- Presentasi Individu dan Kelompok
- Evaluasi diri dalam presentasi
- Critical Thinking, yang berisi tentang :
- Penelaahan gagasan secara kritis
- Penyampaian ide dengan kritis
Mahasiswa yang telah menyelesaikan revisi ujian skripsi (dinyatakan lulus ujian skripsi) dan lulus ujian teori (komprehensif) dapat melanjutkan proses pendaftaran yudisium wisuda. Bagian Akademik FEB UGM mengunggah informasi wisuda secara berkala melalui portal Sintesis dan Simaster. Mahasiswa diwajibkan untuk memperoleh bukti bebas Pustaka dari perpustakaan UGM dengan cara mengunggah mandiri melalui laman https://unggah.etd.ugm.ac.id. Proses unggah mandiri dilakukan sepenuhnya oleh mahasiswa.
Persyaratan dalam Pengurusan Yudisium Wisuda
- Mahasiswa telah lulus semua mata kuliah dengan IPK 2,00 dan nilai minimal C untuk masing-masing mata kuliah.
- Mahasiswa telah dinyatakan lulus ujian skripsi tanpa revisi skripsi dan telah dinyatakan lulus ujian komprehensif, serta unggah mandiri (ETD) perpustakaan UGM telah terverifikasi pada sistem Yudisium Wisuda di Simaster.
- Mahasiswa menyerahkan bukti penyerahan Skripsi (pdf) dan bebas peminjaman buku dari perpustakaan FEB dan perpustakaan UGM.
- Calon Wisudawan diwajibkan mengisi Permohonan Kartu GAMA Co-Brand dan mengisi exit survey di https://simaster.ugm.ac.id.
- Calon wisudawan mendaftar yudisium wisuda melalui portal Simaster dan mengisi seluruh data yang disyaratkan dalam yudisium wisuda, meliputi: nama, alamat, judul skripsi, mengisi nomor induk kependudukan (NIK), dan mengunggah KTP (untuk WNI) atau paspor (untuk WNA), ijazah SMA/sederajat.
- Mahasiswa mengunggah foto melalui portal Simaster dengan syarat berikut.
- Foto berwarna dengan latar belakang berwarna putih
- Ukuran maksimal 2 MB dengan rasio 3:4 dan diunggah dalam format .JPEG
- Ketentuan pakaian untuk pria, yaitu: mengenakan kemeja putih, jas warna hitam, dan memakai dasi (tidak memakai jaket almamater).
- Ketentuan pakaian untuk wanita, yaitu: mengenakan kemeja putih, blazer hitam (tidak memakai jaket almamater). Ketentuan pakaian untuk wanita yang berhijab adalah memakai kemeja putih, blazer hitam (bukan jaket almamater), memakai hijab warna hitam, dan hijab dimasukkan dalam kemeja.
- Posisi dalam foto adalah badan dan kepala tegak sejajar menghadap ke depan, kedua daun telinga harus kelihatan bagi yang tidak berhijab.
- Tampilan foto tidak menggunakan kaca mata, masker/cadar, atau penghalang wajah lainnya.
- Kualitas foto harus jelas dan tidak kabur.
- Foto bukan hasil pindaian atau hasil repro dari telepon pintar.
- Operator akademik akan memverifikasi isian dan unggahan dokumen tersebut, dilanjutkan persetujuan oleh DPP UGM. Calon wisudawan akan dapat mendaftar wisuda melalui Simaster jika seluruh tahapan yudisium wisuda, dan pengisian data wisudawan terpenuhi.
- Pengecekan data nama, tempat lahir dan tanggal lahir harus sesuai dan sama ejaannya dengan ijazah terakhir (huruf kapital hanya di depan kata). Contoh penulisan nama: Bejo Narimo bukan BEJO NARIMO atau bejo narimo. Apabila terdapat perubahan/kesalahan nama di ijazah SMA, calon wisudawan harus melampirkan surat keterangan dari SMA asal.
- Calon wisudawan mengembalikan KTM dengan cara mengirim KTM melalui pos atau diserahkan langsung ke Bagian Akademik FEB UGM. Penyerahan KTM dilakukan mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 25 pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
- Penyelenggaraan wisuda Sarjana dilakukan secara daring. Ketentuan prosesi wisuda secara luring diatur lebih lanjut melalui edaran dari Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM. Surat Edaran Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana/Diploma diterbitkan berkala satu bulan sebelum pendaftaran wisuda dibuka. Mahasiswa dapat mengakses informasi tersebut melalui Sintesis dan Simaster.
- Salah satu ketentuan keikutsertaan dalam wisuda adalah mahasiswa menyerahkan hasil skor AcEPT yang diselenggarakan oleh PPB UGM. Penyerahan skor AcEPT selama masa pandemi tidak wajib dilakukan.
- Dokumen yang diserahkan/dikirimkan ke Bagian Akademik adalah sebagai berikut.
- KTM
- Bukti bebas pustaka dari perpustakaan FEB
- Bukti bebas pustaka dari Perpustakaan UGM (hasil unduhan dari https://unggah.etd.ugm.ac.id)
- Tangkapan layar pendaftaran wisuda dari Simaster dikirimkan melalui email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
- Selama masa pandemi, layanan peminjaman toga mahasiswa di Ditmawa UGM tidak dibuka. Calon wisudawan dapat membeli toga wisuda melalui KOPMA UGM atau melalui toko daring KOPMA UGM di http://shopee.co.id/gamashirt.
- Penyelenggaraan tasyakuran pelepasan wisuda fakultas dilakukan secara daring sesuai dengan tanggal pelaksanaan wisuda. Bagian Akademik FEB UGM akan mengirimkan penyelenggaraan kegiatan pelepasan wisudawan melalui surat elektronik.
- Paket wisuda berupa ijazah, transkrip, legalisir ijazah dan transkrip akan dikirimkan melalui kurir/pos ke masing-masing alamat wisudawan yang diorganisasi oleh unit Kerja Sama, Industri, dan Alumni (KIA) FEB UGM.
Halaman 3 dari 4