fbpixel

Program sarjana menyediakan program yang memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh teori, konsep serta studi kasus di bidang akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen. Program sarjana di FEB UGM diajarkan dalam Bahasa Inggris (Program Sarjana Internasional) dan Bahasa Indonesia (Program Reguler) dan mengakomodasi mahasiswa dengan banyak peluang untuk mendapatkan paparan internasional dalam bentuk program pertukaran (exchange) dan gelar ganda (dual degree).

  • Akuntansi (Sarjana Ekonomi/S.E.)
    Program ini memberikan pemahaman tentang teori, konsep, dan prinsip akuntansi. Program ini mempersiapkan mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan dan menganalisis pelaporan keuangan, audit, dan sistem kontrol manajemen.
  • Ilmu Ekonomi (Sarjana Ekonomi/S.E.)
    Program ini memberikan pemahaman tentang teori ekonomi makro dan mikro untuk memecahkan masalah ekonomi. Selain itu, program ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan khusus tentang ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter, ekonomi publik, dan ekonomi internasional.
  • Manajemen (Sarjana Ekonomi/S.E.)
    Program ini memberikan mahasiswa dengan teori, studi kasus, dan penerapan keuangan, pemasaran, operasi, dan manajemen strategis dan sumber daya manusia.

Untuk memenuhi permintaan lulusan yang bersaing secara internasional, FEB menawarkan Program Sarjana Internasional (IUP). Kuliah disampaikan sepenuhnya dalam bahasa Inggris dan mahasiswa diharapkan mengikuti standar sekolah bisnis internasional. Para lulusan siap untuk mengeksplorasi masalah dan melakukan analisis pemecahan masalah dalam bisnis dan ekonomi global sambil menekankan etika dan nilai-nilai lokal. Kurikulum diatur agar sesuai dengan kualifikasi internasional. Oleh karena itu, kredit kuliah dapat ditransfer ke universitas mitra di luar negeri, seperti halnya pertukaran pelajar dan program gelar ganda. Keberadaan program ini menunjukkan posisi FEB yang luar biasa di antara institusi akademik global.

Informasi lebih lanjut tentang Program Sarjana Internasional dapat dilihat pada http://iup.feb.ugm.ac.id.


Informasi Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana


Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM menyelenggarakan program studi magister sain dan magister terapan. Program Magister Sains mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi kuat dalam penelitian di bidang akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen. Program magister terapan (Magister Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ekonomika Pembangunan) memberikan mahasiswa dengan teori serta aplikasi dalam program bisnis nyata untuk mendukung mahasiswa bersaing di lingkungan bisnis global.

  • Magister Sains Akuntansi, Magister Sains Ilmu Ekonomi, dan Magister Sains Manajemen (M.Sc.)
    Mengembangkan mahasiswa untuk menjadi sarjana akuntansi/ilmu ekonomi/manajemen yang berpengaruh di Indonesia. Mahasiswa akan dilengkapi dengan kemampuan untuk membangun pemikiran sistematis dan kritis melalui kursus dan ulasan makalah penelitian. Program ini memberikan banyak peluang bagi mahasiswa untuk mengambil bagian dalam program pertukaran dan gelar ganda.
    Informasi selengkapnya dapat dilihat pada http://msc.feb.ugm.ac.id
  • Magister Akuntansi (M.Acc.)
    Dirancang untuk mengantisipasi dan menanggapi kebutuhan profesional individu serta pejabat pemerintah dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini. Program ini menawarkan konsentrasi pada Akuntansi Publik, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajerial, Manajemen Sistem Informasi dan Audit. Kurikulum dirancang untuk mahasiswa untuk dapat mengambil bagian dalam program pertukaran dan gelar ganda.
    Informasi selengkapnya dapat dilihat pada http://maksi.feb.ugm.ac.id
  • Magister Manajemen (M.B.A.)
    Memelihara dan memanfaatkan potensi kepemimpinan mahasiswa melalui kurikulum mutakhir yang dikombinasikan dengan proses pembelajaran inovatif dan program pengembangan soft skill intensif yang diperkaya oleh atau jaringan internasional dari 37 universitas mitra internasional terkemuka di kampus Yogyakarta dan Jakarta. Program ini adalah sekolah bisnis terkemuka di Indonesia, menawarkan pendidikan bisnis berkualitas tinggi yang ditandai oleh anggota fakultas yang kuat dan kompeten, kurikulum yang dinamis, proses pembelajaran kolaboratif dan kreatif, dan suasana akademik yang menyenangkan.
    Informasi selengkapnya dapat dilihat pada http://mm.feb.ugm.ac.id
  • Magister Ekonomika Pembangunan (M.Ec.Dev.)
    Bertujuan untuk menciptakan pemimpin otentik dengan karakter yang kuat dan inovatif. Program ini berkomitmen untuk memberikan para mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik dalam menghasilkan pemerintahan yang bersih dan tata pemerintahan yang baik. Program ini juga diajarkan dalam bahasa Inggris untuk mengakomodasi mahasiswa internasional. Program pertukaran dan gelar ganda juga tersedia bagi mahasiswa untuk menjadi bagian dari itu.
    Informasi selengkapnya dapat dilihat pada http://mep.feb.ugm.ac.id

Informasi Penerimaan Mahasiswa Program Magister


Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) adalah pendidikan lanjutan yang didesain untuk lulusan S1/DIV akuntansi yang ingin mendapatkan gelar profesi "Akuntan". Tujuan pendidikan profesi akuntan adalah untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang keahlian akuntansi, yang dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha maupun pemerintahan.

Staf pengajar Pendidikan Profesi Akuntan adalah para dosen FEB UGM, serta praktisi profesional yang kompeten di bidangnya. Dengan visi sebagai benchmark bagi program pendidikan profesi akuntan di Indonesia, PPAk FEB UGM membangun mahasiswa untuk menjadi akuntan profesional yang kompeten dan berintegritas.

Lulusan Program Pendidikan Profesi Akuntan dapat bekerja sebagai auditor, eksternal auditor, manajer keuangan, analisis keuangan dan penusunan laporan keuangan. Lulusan Program Pendidikan Profesi Akuntann dapat masuk ke semua sektor baik sektor yang berorientasi profit ataupun nonprofit

Manfat yang dapat diperoleh bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi, sebagai berikut:

  1. Dapat mempersiapkan ujian sertifikasi CA (Chartered Accountant) dan atau CPA (Certified Public Accountant) dengan lebih baik karena kurikulum yang telah disesuaikan dengan subyek ujian sertifikasi tersebut
  2. Mendapatkan keringanan biaya ujian sertifikasi CA maupun CPA
  3. Mendapatkan waiver untuk mata ujian level dasar ACPA (Associate Certified Public Accountant) sehingga dapat diberikan sebutan ACPA setelah lulus ujian CPA
  4. Sertifikasi level profesional CPA hanya menempuh 1 dari 5 mata ujian yang disyaratkan (mendapat waiver 4 mata ujian)
  5. Dapat melanjutkan ke Program Studi Magister Akuntansi FEB UGM dengan waiver mata kuliah tertentu sesuai dengan IPK yang disyaratkan
  6. Masa perkuliahan di PPAk diakui 1 (satu) tahun pengalaan kerja, sebagai salah satu syarat mendapatkan sertifikasi CA

Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui http://ppak.feb.ugm.ac.id

Informasi Penerimaan Mahasiswa Program Profesi


Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan penelitian mahasiswa dan lulusan. Kurikulum dirancang untuk melatih mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan penelitian yang ketat. Kemampuan penelitian yang baik termasuk penguasaan materi atau teori yang relevan, metodologi penelitian, dan keterampilan dalam diseminasi hasil penelitian. Karakteristik ini tercermin dalam hasil kegiatan belajar mengajar.

  • Doktor Ilmu Akuntansi (Dr.)
    Menekankan pada pemahaman kritis terhadap teori, konsep, dan metoda penelitian di bidang akuntansi, serta peningkatan kegiatan dan kualitas penelitian di bidang akuntansi dengan berlandaskan pada penegakan kejujuran, kebebasan, dan etika akademik.
  • Doktor Ilmu Ekonomi (Dr.)
    Adalah program pendidikan yang menekankan pada pemahaman kritis terhadap teori, konsep, dan metoda penelitian di bidang ilmu ekonomi, serta peningkatan kegiatan dan kualitas penelitian di bidang ilmu ekonomi dengan berlandaskan pada penegakan kejujuran, kebebasan, dan etika akademik. Perkembangan mutakhir dalam penelitian ilmu ekonomi adalah penggunaan data mikro untuk mengeliminasi aggregation bias. Dengan lead knowledge development, program mengartikulasikan utilisasi microeconometrics. Program juga mengembangkan perkembangan mutakhir dalam ilmu ekonomi seperti penggunaan randomized experiments yang sangat relevan dalam pengambilan keputusan terutama mengenai dampak program-program sosial. Program juga memimpin diseminasi penelitian yang menggunakan laboratory experiments untuk menganalisis perilaku individu. Program juga memimpin penerapan pengembangan microeconometrics dan microeconomic.
  • Doktor Ilmu Manajemen (Dr.)
    Mempunyai tujuan menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan yang mendalam dan menguasai Ilmu Manajemen di bidang pengkhususannya, mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang ilmunya untuk menjabat sebagai pengajar pada perguruan tinggi atau memegang jabatan-jabatan lain dalam masyarakat yang sesuai dengan ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikannya, serta mampu mengembangkan perbendaharaan ilmu pengetahuannya dalam bidangnya melalui penelitian-penelitian mandiri yang mendalam dan cukup luas ruang lingkupnya.

Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui alamat http://doctor.feb.ugm.ac.id

Informasi Penerimaan Mahasiswa Program Doktor